-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar





Kamis, April 21, 2022

Budi daya udang vanamei di Bunda tanah Melayu sangat meyakinkan

Budi daya udang vanamei di Bunda tanah Melayu sangat meyakinkan

METRO ONLINE LINGGA--Panen raya perdana ini sekaligus menunjukkan komitmen dan keseriusan Pemkab Lingga mengelola sektor perikanan, terutama perikanan budidaya yang kedepannya akan menjadi salah satu sektor terbesar penyumbang pendapatan asli daerah.

Heri seorang pembeli yang datang langsung ke lokasi tersebut mengatakan bahwa udang hasil panen tersebut akan di bawa ke kota Medan menggunakan mobil freezer untuk dijual disana

Bupati Lingga yang sangat antusias turun langsung ke dalam kolam untuk ikut dalam proses pemanenan menyebutkan bahwa ia yakin dengan dukungan dan doa dari masyarakat Kabupaten Lingga, hasilnya kedepan akan semakin baik.

Bupati Lingga optimis, dengan panen ucil ini, akan membuat para investor lebih bersemangat dan semakin yakin untuk berinvestasi di Bumi Bunda Tanah Melayu ini.

Berdasarkan info dari dokter Romi di lapangan, panen yang terlaksana setelah memakan waktu 3 bulan waktu pembesaran ini, untuk sementara masih menggunakan pakan dari Jombang dengan protein level 32 hingga 34. Kedepan, setelah pabrik produksi pakan ikan di implacement timah sudah mulai berjalan, pihaknya akan menggunakan pakan produksi BUMD tersebut untuk menekan biaya produksi, sehingga akan lebih menguntungkan.

Bupati Lingga yang hadir pada kesempatan ini menyampaikan dan mengajak masyarakat bekerjasama dalam memanfaatkan BUMDES.

“Kita berharap panen ini terus berlanjut dan kedepannya kita terus berharap selalu mendapatkan peningkatan mulai dari hasil panen hingga terwujudnya penambahan kolam untuk tambak udang ini” ujar . Nizar.

Nizar berharap, dari hasil panen ini masyarakat bisa lebih kompak untuk hasil dari panen dan dapat dibelikan entah itu untuk bentuk bibit baru atau perawatan tambak bahkan kebutuhan lainnya.

“Insyaallah pemerintah daerah tidak akan tutup mata dan semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut didaerah Lingga bagian manapun” imbuh Bupati Lingga ini.

Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lingga, Sutarman mengatakan Program tambak ini, telah mendapatkan dukungan penuh pemerintah, termasuk legislatif dalam penentuan penganggaran yang sifatnya membangun perekonomian masyarakat.

Ketua DPRD Lingga, Ahmad Nasiruddin menegaskan potensi pengembangan udang vanamei sangat menjanjikan di Kabupaten Lingga, sebab mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Sejumlah tambak yang dibuka dibeberapa desa, telah menunjukkan hasil baik dalam menggerakkan perekonomian di desa lewat budidaya udang ini. Panennya pun, menghasilkan udang dengan kualitas jumbo.

Dia optimistis, jika sektor ini ditekuni dan dikelola dengan baik, tentunya akan berdampak baik pula pada ekonomi masyarakat. Pemerintah daerah akan turut membantu berupa stimulus awal.

Usaha inipun perlu konsisten, komitmen dan optimisme. Tidak hanya pemerintah daerah, tetapi juga kepada kelompok tambak itu sendiri. Terutama dalam hal manajemen kelompok, keuangan dan lainya, sehingga perputaran modal jelas serta terukur.

“Diperlukan manajemen pengelolaan keuangan yang baik agar dapat terus berkembang lebih luas dan menghasilkan udang yang berkualitas dan kuantitas yang lebih besar lagi. Setiap jual hasil panen harus dapat mengatur hasil jualnya untuk kembali membeli bibit dan kebutuhan lainnya, agar terus berkesinambungan,” kata dia.

Dia mengakui telah beberapa kali mengikuti panen dibeberapa pokdakan di desa-desa. Dengan ketersediaan lahan yang sangat luas untuk dijadikan tambak, dan SDM yang berkeinginan maju.

Kemudian, Ahmad Nasiruddin menuturkan tidak menutup kemungkinan Kabupaten Lingga bisa menjadi penyuplai udang vanamei untuk daerah di Indonesia dan bahkan luar negeri. Jika demikian, pemerintah daerah juga tidak tinggal diam akan mencarikan solusi penjualan yang layak, jika hasil panen melimpah.

“Saya menyakini jika ditekuni dan dikelola dengan baik dan mendapatkan dukungan dan bimbingan, udang vanamei kedepannya bakal jadi sumber penghasilan bagi masyarakat,” jelas dia.


(Effendi)

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved