-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar





Rabu, Januari 12, 2022

Guru Bukan Hanya Sekedar Menjadi Pengajar, Tapi Harus Menjadi Panutan Bagi pendidiknya

Guru Bukan Hanya Sekedar Menjadi Pengajar, Tapi Harus Menjadi Panutan Bagi pendidiknya

METRO ONLINE --Semua orang memiliki kemampuan pengembangan aspek perkembangan yang berbeda-beda. Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing begitupun anak sekolah dasar.

Dari hasil observasi yang dilakukan penulis  pada hari kamis (06/01/2022) yang berada dilingkungan sekolah dasar, terdapat beberapa masalah yaitu didalam proses pembelajaran kemampuan intelektual setiap masing-masing peserta didik banyak yang berbeda-beda.

Menurut Santrock (1996) dalam bukunya Retno Pangestuti, perkembangan merupakan bagian dari perubahan yang dimulai dari masa konsepsi dan berlanjut sepanjang rentang kehidupannya. Bersifat kompleks karena melibatkan banyak proses seperti biologis, kognitif, dan sosioemosional. 

Ada beberapa alasan mengapa guru atau mahasiswa calon guru perlu memahami perkembangan peserta didik. Alasan-alasan itu sebagai berikut, mempelajari dan memahami aspek perkembangan peserta didik adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, melalui pemahaman tentang aspek-aspek perkembangan serta faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik, dapat diantisipasi tentang berbagai upaya memfasilitasi perkembangan tersebut, baik dilingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.

 Disamping itu, dapat diantisipasi juga tentang upaya untuk mencegah berbagai kendala atau masalah yang mungkin akan menghambat perkembangan anak khususnya anak sekolah dasar.

Ada yang cepat dan mudah paham didalam pembelajaran dan ada yang lambat dalam menerima atau menyerap pembelajaran yang diberikan oleh guru.

 Selain itu, kurangnya bersosialisasi antara peserta didik, dan sering terjadinya bullying. Jadi kita sebagai guru atau mahasiswa calon guru hal tersebut sangat penting dalam melihat proses perkembangan peserta didik disekolah dasar dan  harus perlu memahami karaktersitik setiap peserta didik

Karena anak usia sekolah dasar biasanya adalah anak yang sedang berada pada fase dimana keterampilan motorik mereka sedang berkembang secara siginifikan. 

Bullying dimasa kecil dan kekerasan disekolah dapat memiliki konsekuensi seumur hidup bagi anak-anak SD.

Setiap kegiatan anak dapat diajak untuk bekerjasama dan bermusyawarah. Dengan sikap demikian sangat menentukan keberhasilan anak. 

Oleh sebab itu, pendidikan harus diberikan kepada anak. Sebagaimana yang telah dibicarakan sebelumnya bahwa anak tanpa bantuan dari orang lain atau guru tidak akan bisa berkembang atau menjadi dewasa sendiri. 

Maka dari itu, keberadaan orang tua atau guru disekolah dalam perkembangan anak sangat menentukan. Baik orang tua maupun guru dalam melayani perkembangan tersebut janganlah bersikap otoriter, karena tipe yang demikian akan menghambat tugas perkembangan anak. 

Maka dari itu, guru membantu anak membuat rencana untuk menghentikan intimidasi tersebut dan lakukan langkah preventif yang diperlukan.

Maka dari itu, guru harus memberikan contoh perilaku dan moral yang baik kepada peserta didik. Karena sikap, moral,  dan perilaku seorang guru akan dicontoh dan menjadi cerminan/ panutan  oleh peserta didik.


Sumber: Elma Tiana PGSD     Universitas Islam Riau

Editor   : Effendi

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved