-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar





Selasa, Maret 22, 2022

Dandim 1421/Pangkep Berikan Apresiasi dan Hadiah Kepada Siswa Juara Lomba Vidio Bela Negara, Guru Terharu

Dandim 1421/Pangkep Berikan Apresiasi dan Hadiah Kepada Siswa Juara Lomba Vidio Bela Negara, Guru Terharu

METRO ONLINE,PANGKEP-Letkol Inf Hengky Vantriardo,  SE., MM., M.Han (Dandim 1421/Pangkep) melanjutkan silaturahminya Ke Sekolah-sekolah didampingi Mayor Inf Muh. Tahir. T (Danramil 1421-03/ Bungoro), Kapten Inf Raharto (Danramil 1421-05/ Ma'rang) dan Letttu Inf Pattola (Pasi Inteldim 1421/Pangkep) dimana hal serupa telah dilaksanakan. Senin (21/03/2022). 

Dandim 1421/Pangkep mengatakan bahwa kegiatan bela Negara tidak hanya soal berperang atau wajib militer saja namun Bela negara bisa dilakukan dalam wujud dan bentuk yang berbeda-beda, yaitu segala hal yg baik dalam keseharian kita sesuai profesi. Misalnya bagi pelajar, bisa melakukan bela negara dengan mematuhi orang tua dan guru, giat belajar, tepat waktu dan berupaya menjadi siswa yang berprestasi.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, Sekolah bukan hanya sekedar tempat menuntut ilmu pada dimensi formal saja. Sekolah sebagai tempat untuk belajar, beraktualisasi, mendidik para anak bangsa menjadi bertaqwa, terampil, berbudi pekerti luhur, cinta tanah air, serta sehat jasmani dan rohani serta bersosialisasi.

Banyak sekali kontribusi sekolah bagi generasi muda Indonesia. Segala aspek formal keilmuan mereka dapatkan di sekolah. Lebih dari itu, sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki tugas penting dalam rangka menyiapkan generasi muda yang siap pakai dan siap bersaing, Tegasnya. 

Penyelenggaraan bela negara di sekolah disadari atau tidak direalisasikan  melalui pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, upacara bendera, penyelenggaraan ibadah di sekolah, kegiatan ekstrakulikuler seperti Pramuka, PMR, Karawitan, seni tari, sebagai  kegiatan yang sarat bermuatan pembentukan karakter, kepedulian kepada sesama, serta kecintaan kepada budaya asli nusantara. Tentunya sekolah telah menyelenggarakan kegiatan bermuatan bela negara sesuai dengan usia, fisik, psikhis, peserta didik. Ujar Letkol Inf Hengky Vantriardo, SE., MM., M.Han.  

Budaya sekolah dapat mempengaruhi perilaku dari siswa, dikarenakan budaya sekolah memiliki fungsi pembentuk perilaku siswa dan sebagai tata nilai. Nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dapat diimplementasikan menjadi nilai dalam kehidupan dilingkungan sekolah. Sehingga dapat membina karakter siswa berupa responsibility dan citizenship. Perilaku siswa yang mencerminkan sadar akan bela negara, yaitu taat pada tata tertib, jujur, dan disiplin dan toleransi antar sesama. 

Bagi warga lain, bela negara bisa dilakukan dengan melakukan pengabdian sesuai profesi, misalnya dokter terus mengabdi membantu orang sakit, petani terus mengabdi dengan menghasilkan padi dan sebagainya yang  bermanfaat bagi bangsa dan negara. 

Pada saat Dandim 1421/Pangkep bersilaturahmi ke Sekolah-sekolah secara keseluruhan Kepala Sekolah, Guru dan siswa menyambut dengan hangat serta  mengucapkan terima kasih atas apresiasi membuat kegiatan yang sangat bermanfaat bagi anak-anak penerus Bangsa. 

Salah satu Kepala Sekolah mengatakan di depan siswanya bahwa rasa sangat berbahagia dan tersanjung serta penghargaan sebagai Dandim 1421/Pangkep berkunjung Kesekolah, melihat secara langsung situasi sekolah dan bertatap muka dengan Kepala sekolah, Guru maupun Siswa dan Secara tidak langsung Dandim 1421/Pangkep memberikan motivasi bagi seluruh Siswa agar selalu *"Semangat dan lebih semangat lagi"* untuk berbuat dan berkarya lebih baik lagi. 

Sekolah yang di Kunjungi Dandim antara lain MAN Pangkep, SMA N 13 Pangkep, SMA N 4 Pangkep dan SMA N 3 Pangkep.


Thiar

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved