-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar

Kamis, Oktober 13, 2022

Kasat Lantas Polrestabes Makassar: 10 Hari Ops Zebra Kasus Laka dan Pelanggar Turun Drastis

Kasat Lantas Polrestabes Makassar: 10 Hari Ops Zebra Kasus Laka dan Pelanggar Turun Drastis

METRO ONLINE, MAKASSAR - Efektifitas jalannya Operasi Zebra Pallawa-2022 yang digelar oleh Satlantas Polrestabes Makassar sukses dan mampu menekan tingkat kecelakaan lalulintas (lakalantas) dan pelanggaran  lalulintas lainnya. 

Kasatlantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda SIK., M.Si menjelaskan, dari hasil analisa dan evaluasi (Anev) selama pelaksanaan Operasi Zebra Pallawa-2022 kasus lakalantas alami penurunan. 

"Selama 10 hari Ops Zebra 2022 dinilai sudah  berjalan dengan efektif, dimana lakalantas menurun drastis dimana hanya terjadi 14 lakalantas yang akibatkan  korban hanya luka ringan," Ujar Zulanda. 

Sementara, pelaksanaan operasi yang digelar selama 10 hari yang tercatat hingga Tanggal 13 Oktober 2022, tercatat jumlah 374 pelanggar. Untuk pelanggar roda dua tak menggunakan helm SNI 96 orang, melawan arus 72 orang, berkendara di bawa imut 40 orang. Jumlah nya 208 orang. 

Demikian halnya pelanggaran untuk roda empat (mobil), melawan arus  4 orang, gunakan hp saat nyetir 26 orang, yang gunakan Safety Belt 91 orang. Jumlahnya 121 orang. 

"Jumlah kendaraan bermotor  yang dominan melakukan pelanggaran dalam 10 hari pelaksanaan operasi  adalah pengemudi sepeda motor dengan jumlah 208 pelanggar, mobil penumpang 98 unit, mobil brang 23," jelas Kasatlantas Polrestabes Makassar. 

Data tersebut beber Kasatlantas Polrestabes Makassar,  sesuai dengan laporan kejadian yang dilaporkan atau yang ditemukan oleh kepolisian. 

"Turunnya angka lakalantas dan pelanggaran ini merupakan peran aktif dari pengendara masyarakat kota Makassar yang sangat peduli akan keselamatan berlalulintas," tambah Kasatlantas Polrestabes Makassar. 

Kasat mengakui, ada dua Pelanggaran yang akan dilakukan penindakan tegas 4 hari terakhir ini dengan Penilangan yaitu melawan arus dan penggunaan helm utamanya dimalam hari. 

"Oleh karena itu sesuai dengan Rencana awal 4 hari terakhir Ops Zebra Pallawa 2022 akan menguatkan pada sisi penindakan penegakan hukum (gakkum) dengan tilang terhadap pelanggaran tersebut," terang AKBP Zulanda SIK, M.Si. 

"Namun demikian kami tidak berharap itu terjadi pada masyarakat pengguna jalan. Oleh karena kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tertib berlalulintas. Tidak melawan arus jauh dekat gunakan Helm baik siang apalagi malam hari," tambahnya. 

Mantan Kabag Bin Ops Ditlantas Polda Sulsel mengakui, Satlantas Polrestabes Makassar saat ini fokus Gakkum melawan arus pada seputaran areal dekat promtek dan seputaran kawasan Jene Talasa. (*)


Editor: Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved