-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Senin, Oktober 02, 2023

Lapas Kelas IIA Parepare bersama Kantor Imigrasi dan Bapas I Makassar Laksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Lapas Kelas IIA Parepare bersama Kantor Imigrasi dan Bapas I Makassar Laksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

METRO ONLINE, PAREPARE - Lapas Kelas IIA Parepare, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare dan Bapas I Makassar (Pos Bapas Parepare) menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila  Tahun 2023 di Lapas IIA Parepare. Senin (2/10/2023).

Dasar pelaksanaan Surat PLT. Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum Dan HAM RI Nomor : SEK-UM.04.01-824 Tanggal 21 September 2023 Perihal : Pedoman Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila  di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2023. 

Bertindak sebagai Inspektur upacara pada Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 ini Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare Sdr. Arief Eka Riyanto, A.Md, IM.,S.H.,M. H, sedangkan Perwira upacara Kepala Seksi Keamanan Dan Tata Tertib Lapas IIA Parepare Sdr. Bahri, S.Sos, MH.

Selanjutnya Kasubsi Bimkemas Lapas IIA Parepare Sdr. Ahmad Sutoyo, A.Md.IP,.S.H, bertindak sebagai komandan upacara. Petugas pelaksana pembaca Pembukaan UUD 1945 Aditya Lapas Parepare dan pembaca Naskah Ikrar Andi Lala, S.Tr.Im Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare, Pembaca doa Hasbih, SH Lapas IIA Parepare. 

Kolaborasi antar satuan kerja dalam menyelenggarakan kegiatan upacara ini menunjukkan sinergitas antar stekholder terkait yang terjalin dengan sangat baik. 

Adapun peserta upacara yang hadir seluruh pejabat Struktural Eselon IV, V dan pejabat fungsional umum serta tertentu lainnya dari ketiga satuan kerja Lapas IIA Parepare, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare, BAPAS I Makassar (Pos Bapas Parepare) dan Mahasiswa IAIN Kota Parepare, Institut Andi Sapada Kota Parepare, Universitas Muhammadiyah Parepare juga warga binaan pemasyarakatan Lapas IIA Parepare. 

Dalam Amanatnya, Inspektur Upacara membacakan Sambutan Menteri Hukum dan HAM RI yang intinya peringatan Hari Kesaktian Pancasila untuk mengenang peristiwa kelam G30S/PKI yang pernah terjadi di Indonesia. 

"Mengingatkan bangsa bahwa Indonesia memiliki kekuatan dalam menghadapi setiap tantangan. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga bertujuan untuk mempertebal dan meresapkan keyakinan akan kebenaran, keunggulan, serta kesaktian ideologi Pancasila sebagai satu-satunya pandangan hidup rakyat Indonesia", Ujarnya.

Pancasila memiliki nilai-nilai yang merupakan dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Setelah upacara selesai, kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama seluruh peserta upacara.

Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH seluruh jajaran Lapas Parepare, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare dan BAPAS I Makassar (Pos Bapas Parepare) siap untuk mewujudkan Kementerian Hukum dan HAM yang Semakin Berkualitas Menuju Indonesia Maju berdasarkan Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

"Kami bangga dan bahagia bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga binaan pemasyarakatan dan masyarakat", Terangnya.


Editor: Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved