-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Selasa, November 15, 2022

Puluhan Alutsista Diterjunkan Dalam Latihan Manuver Menembak Senjata Ranpur yang Dilaksanakan Pusenkav

Puluhan Alutsista Diterjunkan Dalam Latihan Manuver Menembak Senjata Ranpur yang Dilaksanakan Pusenkav

METRO ONLINE BATURAJA - Dalam rangka membina kemampuan dan meningkatkan taktik bertempur satuan Kavaleri secara terorganisasi, Pussenkav menyelenggarakan Latihan Manuver Menembak Senjata Ranpur Terintegrasi Pussenkav TA 2022. Kegiatan tersebut pertama kalinya yang dilaksanankan di daerah latihan Puslatpur Kodiklatad Baturaja Kab. Oku Timur, Senin (14/11/2022). 

Kepala Penerangan (Kapen) Pussenkav Mayor Kav Wahyu Nurdin mengungkapkan latihan yang diselenggarakan diikuti oleh 5 Satuan Jajaran Korps Kaveleri diantaranya Batalyon Kaveleri 1 / Badak Ceta Cakti , Batalyon Kaveleri 5 / Dwi Pangga Ceta, Batalyon Kaveleri 9 / Satya Dharma Kala dan Kompi Kaveleri 1 / Elang Setia Cakti serta Kompi Kaveleri 5 / Graha Ceta Cakti. 

"Kegiatan latihan Manuver menembak Senjata Rampur ini diikuti 5 satuan jajaran Korps Kaveleri dengan mengerahkan sejumlah Alutsista kendaraan tempur," kata Kapen Pusenkav Mayor Kav Wahyu Nurdin dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (15/11/2022). 

Mayor Kav Wahyu Nurdin menambahkan Alutsista kendaraan tempur yang dikerahkan dalam latihan diantaranya Ranpur Leopard 120 MM, Ranpur AMX-13 kaliber 105 MM, Ranpur Scorpion kaliber 90 MM dan Anoa kaliber 12,7 MM serta Ranpur Badak kaliber 90 MM.

Mayor Kav Wahyu Nurdin menjelaskan, latihan Manuver Menembak Senjata Ranpur Terintegrasi Pussenkav ini merupakan bentuk latihan program dari Komando Atas untuk senantiasa menyiapkan pasukan Kavaleri yang adaptif terhadap modernisasi pemanfaatan Alutsista, penggunaan Battlefield Management Sistem (BMS) serta mampu melaksanakan tuntutan tugas yang semakin kompleks kedepannya. 

"Latihan ini adalah merupakan bentuk latihan program dari Komando Atas untuk senantiasa menyiapkan pasukan Kaveleri yang adaptif terhadap modernisasi pemanfaatan Alutsista," jelas Kapen Pusenkav. 

Dalam kegiatan tersebut lanjut Mayor Kav Wahyu Nurdin, Letjen TNI (Purn) H. Lodewijk F.P dan Dankodiklat Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono turut memberikan apresiasi kepada Pusenkav atas penyiapan latihan yang telah diselenggarakan.

"Penyiapan latihan ini alhamdulilah diapresiasi oleh Dankodiklat dan jajaran. Kegiatan ini dapat terlaksana tentunya tidak lepas dari kerja keras dan kerja tim," kata Wahyu Nurdin. 

Kegiatan latihan manuver menembak Senjata Ranpur dihadiri beberapa pejabat antara lain Danpussenif, Aslat Kasad, Danpussenarmed, Danpuslatpur, Ir. Pussenarhanud, Kabaranahan, Sesditjen Kuathan, Irjenad, Dircabpuspalad, Dircabpushubad, Danrem 044/Gapo, Kadislaikad, Asisten I Pemda Oku serta seluruh Dansatkav dan Taruna Akmil kecabangan Kavaleri.

Pada acara puncak sekaligus penutupan latihan ini, secara langsung ditutup oleh Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri, Mayjen TNI Yanuar Adil.

Dalam kegiatan tersebut, abituren Akmil 1988 ini memberikan pengarahan dan motivasi kepada para seluruh pelaku dan penyelenggara latihan bahwasanya medan latihan yang digunakan di daerah latihan Puslatpur Kodiklatad Baturaja ini dapat memberikan ruang gerak yang leluasa dalam bermanuver khususnya bagi kendaraan tempur tank dan panser Kavaleri. 

Sehingga dapat dimaksimalkan pengembangan taktik dan teknik bagi satuan jajaran Batalyon dan Kompi Kavaleri yang terlibat dalam pelaksanaan latihan ini, seperti yang tergambar jelas bagaimana kolaborasi manuver Ranpur dalam hubungan tingkat Brigade Kavaleri dengan diakhiri menembak senjata Ranpur kanon ke sasaran Ranpur dan lesan secara tepat dan akurat, sehingga prajurit Kavaleri setiap saat siap untuk diberangkatkan tugas operasi. (**)

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved