-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar





Rabu, Agustus 24, 2022

Melalui Program Dirosa, Warga Binaan Rutan Sinjai Mengikuti Pembinaan Kepribadian Keagamaan

Melalui Program Dirosa, Warga Binaan Rutan Sinjai Mengikuti Pembinaan Kepribadian Keagamaan

METRO ONLINE, SINJAI - Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Rutan Sinjai mengikuti Pembinaan Kepribadian Keagamaan membaca Al-Qur’an melalui Program Dirosa Senin - Kamis dan bimbingan gerakan hari Literasi setiap hari rabu di Mesjid Babuttaubah Rutan Kelas IIB Sinjai  yang diisi oleh Narasumber Pak Ustad Yusri dari Wahdah Islamiyah Sinjai dan didampingi Pengelola Pembina Kepribadian oleh Sudiarto.Rabu (24/08) 

Dirosa (Pendidikan Al-Qur'an untuk Orang Dewasa) adalah Pola pembinaan  Islam bagi kaum Muslimin Pemula (pria atau wanita, remaja, orang dewasa, kakek atau nenek, Muallaf) yang dikelola secara sistematis, berjenjang dan berlangsung secara terus-menerus. 

Program ini diperuntukan  bagi peserta yang sudah lancar dalam membaca Al-Qur’an tetapi masih terdapat  kesalahan bacaan (belum sempurna sesuai dengan kaidah ilmu tajwid). Didukung dengan pembinaan dasar-dasar keislaman serta materi hafalan yang ringan  (termasuk doa sehari-hari) sesuai dengan al-Qur’an dan Sunnah.

Upt Rutan Kelas IIB Sinjai juga menjalankan program pembinaan bagi para warga binaannya berkewajiban melakukan bimbingan sosial /kerohanian narapidana /anak didik. Bekerja sama dengan Wahdah Islamiyah Sinjai adakan pembinaan DIROSA agar para warga binaan memiliki pengetahuan lebih dalam pembelajaran Al-Qur'an. 

"Dirosa dapat menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran Al-Qur’an di Indonesia khususnya bagi para warga binaan serta memperkaya khasanah pembelajaran Al-Qur’an yang ada pada Rutan Kelas IIB Sinjai. Kami juga berharap dengan kami memfasilitasi pembelajaran Al-Qur'an ini dapat menjadi amal jariyah bagi kami semua di hari akhir kelak," Ujar Sudiarto.

"Selain program Dirosa juga diadakan pembinaan budaya Literasi bagi warga binaan pemasyarakatan untuk terus membiasakan dan meningkatkan minat membaca karena dengan membaca akan lebih meningkatkan pengetahuan sekaligus sebagai pengisi waktu para WBP selama menjalani pidananya dengan hal-hal bermanfaat sekaligus sebagai sarana rekreasional para WBP," Tutup Sudiarto. 



Editor: Muh. Sain

Sumber: Humas Rutan Sinjai

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved