-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Rabu, Maret 13, 2024

Selama Bulan Ramadhan 1445 H/ 2024 M, Lapas Parepare Terapkan Program Tadarus Al-Qur'an One Day One Juz

Selama Bulan Ramadhan 1445 H/ 2024 M, Lapas Parepare Terapkan Program Tadarus Al-Qur'an One Day One Juz

 

METRO ONLINE PAREPARE- Pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1445 H/2024 M jatuh pada hari Selasa tanggal 12 Maret 2024. Marhaban Ya Ramadhan. Selamat datang bulan suci Ramadhan 1445 H/ 2023 M yang penuh berkah, rahmat dan hidayah bagi seluruh umat muslim untuk beribadah dan beramal sebanyak-banyaknya. Bulan ramadhan penuh dengan keistimewaan yang tiada tara dari bulan hijriyah yang lainnya, setiap orang pasti memiliki target atau tujuan masing-masing jika sudah bertemu dengan bulan ini.
Termasuk warga binaan pemasyarakatan Lapas IIA Parepare dimana para santrinya memiliki keinginan untuk bisa khatam Al Qur'an sebelum Ramadhan habis, dengan menerapkan program Tadarus Al Qur'an One Day One Juz. Kegiatan Tadarus Al Qur’an bagi warga binaan pemasyarakatan  merupakan kegiatan rutin dan wajib dilaksanakan setelah melaksanakan ibadah Sholat Tarwih berjamaah di masjid At Taubah Lapas IIA Parepare. Kegiatan Tadarus Al Qur'an dibimbing langsung oleh Kepala Seksi Bimnadik Muchamad Zaenal Fanani S.Sos.,M.M, Kasubsi Bimkemaswat Nur Alim Syah, SH, Simung, S.Ag, M.Si dan Abdi Lesmana selaku staf Subsi Bimkemaswat.

Sebanyak 19 Orang warga binaan yang sementara mengikuti program pesantren kilat diwajibkan menerapkan program Tadarus Al Qur'an One Day One Juz selama bulan suci Ramadhan 1445 H/2024 M. 

Sementara Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, A.Md.IP, SH menyampaikan tujuan dari pelaksanaan kegiatan penerapan programTadarus Al Qur'an One Day One Juz adalah memfasilitasi dan mempermudah warga binaan agar dapat membiasakan tilawah Al Qur'an 1 juz sehari. Diharapkan selama bulan Ramadhan 1445 H/2024 M mampu menyelesaikan Khatam Al Qur'an. Program ini dapat membentuk karakteristik Insan Qur`ani dan mampu membimbing arah hidupnya agar mendapatkan manfaat yang besar bagi kehidupan yang akan datang setelah bebas nantinya. Kita semua ingin berlomba-lomba memperbanyak ibadah dan amal shaleh lainnya untuk meraih ridha Allah SWT. 

Oleh karena itu, kami berharap seluruh petugas dan warga binaan pemasyarakatan  dapat mengikuti kegiatan Tadarus Al Qur'an ini setiap hari setelah Sholat Tarwih berjamaah di masjid At Taubah Lapas IIA Parepare agar bersama-sama memperoleh pahala kebaikan. Selain kegiatan Tadarus Al Qur'an One Day One Juz, Kepala Lapas IIA Parepare juga melaksanakan program kegiatan lainnya guna memeriahkan bulan suci Ramadhan. Kegiatan Kuliah Ramadhan (KURMA) setelah Sholat Dzuhur dan Ashar, Safari Ramadhan 1445 H/2024 M, Peringatan Nuzulul Qur'an, Buka Puasa Bersama, dan lain sebagainya.

Salah satu manfaat dari program Tadarus Al Qur'an One Day One Juz Al Qur'an adalah dapat membantu dalam mengatur waktu dan meningkatkan disiplin dalam membaca Al Qur'an. Dengan menetapkan target harian untuk membaca satu juz, kita menjadi lebih fokus dan teratur dalam menjalankan ibadah, sehingga kegiatan lain tidak akan mengganggu waktu yang telah kita sediakan untuk membaca Al Qur'an. 

Kesimpulannya program Tadarus Al Qur'an One Day One Juz Al Qur'an bagi warga binaan pemasyarakatan di Lapas IIA Parepare dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas ibadahnya selama bulan Ramadhan. Konsep ini mengajak warga binaan pemasyarakatan untuk meningkatkan disiplin dan pemahaman dalam membaca Al Qur'an, sehingga pada akhirnya, mereka akan mendapatkan manfaat yang besar dalam menjalankan ibadahnya selama menjalankan masa pidananya. Tegas Kepala Lapas IIA Parepare mengajak seluruh petugas dan warga binaan pemasyarakatan menerapkan program Tadarus Al Qur'an One Day One Juz selama  bulan Ramadhan 1445 H/2024 M yang penuh berkah ini.


Editor : Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved