-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar

Selasa, Januari 09, 2024

Kepala Lapas IIA Parepare Siap Dukung Gerakan Menanam Cabai Program Pj Gubernur Sulsel

Kepala Lapas IIA Parepare Siap Dukung Gerakan Menanam Cabai Program Pj Gubernur Sulsel

METRO ONLINE PAREPARE- Bertempat di lahan pertanian dan perkebunan Kantor Dinas Pertanian Kelautan Dan Perikanan Kota Parepare Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH didampingi Kepala Seksi Kegitan Kerja Abdullah, SH, M.Si, Kasubsi Sarana Kerja Syamsul Alam, SH, MH dan Fathur Rahman menghadiri acara Gerakan Menanam Cabai Bersama PJ Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin dalam rangka kunjungan di Kota Parepare, Selasa, 09 Januari 2024. 

Kepala Lapas IIA Parepare juga berkesempatan berdialog dengan PJ Gubernur Sulawesi Selatan. Dalam hal ini Kepala Lapas IIA Parepare menyampaikan sangat mendukung langkah strategis PJ Gubernur melalui program gerakan penanaman bibit cabai. 

Kepala Lapas IIA Parepare akan segera memerintahkan kepada seluruh warga binaan untuk melakukan penanaman bibit cabai dilahan Sarana Asimilasi Edukasi milik Lapas IIA Parepare. Kepada seluruh petugas diperintahkan langsung segera menanam minimal 10 bibit cabai disekitar pekarangan rumah mereka masing-masing sebagai upaya  menekan inflasi, yang diakibatkan melonjaknya harga komoditas tersebut. Saat ini Lapas IIA Parepare telah menjalin kerjasama dengan Dinas Pertanian Kelautan Dan Perikanan Kota Parepare juga Dinas Ketahanan Pangan Kota Parepare membina dan membimbing warga binaan bidang pertanian, perkebunan dan perikanan. Dimana tahun 2023 warga binaan Lapas IIA Parepare telah berhasil panen perdana hasil budidaya ikan lele sangkuriang dan ikan nila. 

Awal tahun 2024 warga binaan Lapas IIA Parepare juga sukses panen perdana jagung dan terong. Kepala Lapas IIA Parepare beserta seluruh jajaran berkomitmen untuk turut serta mendukung langkah strategis PJ Gubernur Sulawesi Selatan melalui program gerakan penanaman bibit cabai. Menurut PJ Gubernur Sulawesi Selatan cabai merupakan salah satu komoditas yang kerap memantik inflasi dengan andil besar. 

Dimana penanganan inflasi perlu melibatkan semua pihak, bukan hanya Pemerintah Daerah tetapi instansi yang terkait langsung dan tidak langsung. Diharapkan kebutuhan masyarakat untuk kebutuhan pokok ada dan selalu tersedia. PJ Gubernur Sulawesi Selatan juga menyampaikan Instruksi Mendagri 6 upaya konkrit dalam mengendalikan inflasi yakni melaksanakan operasi pasar murah, melaksanakan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang, bekerja sama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, gerakan menanam, merealisasikan Belanja Tidak Terduga (BTT) dan dukungan transportasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto sangat mengapresiasi langkah strategis PJ Gubernur Sulawesi Selatan melalui program gerakan penanaman bibit cabai saat ini. Ucapan terima kasih disampaikan juga Kepala Lapas IIA Parepare kepada PJ Walikota Parepare beserta seluruh SKPD khususnya Dinas Pertanian Kelautan Dan Perikanan Kota Parepare juga Dinas Ketahanan Pangan Kota Parepare atas perhatian dan kerjasamanya selama ini sehingga program pembinaan dan bimbingan bidang pertanian, perkebunan dan perikanan untuk warga binaan di Lapas IIA Parepare terlaksana dengan baik dalam rangka menjaga ketahanan pangan. Saat ini Lapas IIA Parepare telah menanam bibit tomat, terong, kangkung dan jagung tinggal menunggu panen selanjutnya. Insya Allah bisa membantu stabilitas harga dan ketahanan pangan di wilayah kota Parepare.


Editor : Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved