-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Kamis, Mei 11, 2023

Tigkatkan SDM, Dinas Pertanian Kelautan Dan Perikanan Gelar Penyuluhan Pembinaan Bimbingan ke WBP Lapas Parepare

Tigkatkan SDM, Dinas Pertanian Kelautan Dan Perikanan Gelar Penyuluhan Pembinaan Bimbingan ke WBP Lapas Parepare

METRO ONLINE, PAREPARE - Untuk meningkatkan sumber daya manusia warga binaan, Tim dari Dinas Pertanian Kelautan Dan Perikanan Kota Parepare melaksanakan kegiatan penyuluhan pembinaan dan bimbingan di Lapas IIA Parepare Kamis 11 Mei 2023, mulai pukul 09.00 Wita.

Sebanyak 31 orang pejabat fungsional dari Dinas Pertanian Kelautan Dan Perikanan Kota Parepare diterjunkan untuk membantu program kerja di Lapas IIA Parepare secara berkelanjutan. 

Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto dalam membuka acara sosialisasi dan penyuluhan secara klasikal memotivasi kepada WBP untuk mengikuti program pembinaan dan bimbingan pertanian perikanan dan peternakan dengan baik dengan maksud setelah selesai menjalani masa pidananya mampu menciptakan lapangan pekerjaan bukan berharap lapangan pekerjaan.

"Untuk itu dari sekarang latih kemampuan dan skill diri sendiri. Didampingi Abdullah, SH, MH selaku Kepala Seksi Kegiatan Kerja, Abdul Rahman selaku Kasubsi Sarana Kerja dan Syamsul Alam selaku Kasubsi Pengolahan Hasil Kerja", Ujarnya 

Adapun materi yang diberikan oleh Tim Penyuluh dari Dinas Pertanian Perikanan dan Kelautan Kota Parepare antara lain A. Ibrahim, S.PT dengan Materi Mengenal Bidang Pertania, Luqman Hasan, S.PT dengan materi  Pengembangan Usaha Peternakan,  dr.h. Agussalim dengan materi  Pelayanan Kesehatan Hewan. Setelah memberikan sosialisasi dan penyuluhan tim berkenan meninjau lokasi pertanian perkebunan dan perikanan milik Lapas IIA Parepare sebagai sarana edukasi kegiatan kemandirian. 

Pelaksanaan program penyuluhan pembinaan dan bimbingan kepada Warga Binaan sebagai tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama antara Kepala Lapas IIA Parepare dengan Kepala Dinas PKP Kota Parepare. 

"Kegiatan ini Untuk mendukung program tersebut  Kepala Lapas IIA Parepare telah membuat terobosan baru dengan membangun inovasi Rumah Kemandirian Sarana Asimilasi Edukasi Lapas IIA Parepare yang merupakan sentral program pembinaan dan bimbingan kemandirian bagi warga binaan bidang pertanian perkebunan perikanan dan peternakan", Jelas Kalapas Kelas IIA Parepare 

"Harapan Kedepannya dengan perbantuan 31 pejabat fungsional dari Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Parepare yang secara rutin memberikan penyuluhan bimbingan dan pembinaan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat dapat menghantarkan warga binaan yang telah bebas menjadi pelaku wirausaha", Harapnya.

Lanjutnya, Juga memiliki kemampuan pengetahuan dan keahlian di bidangnya serta mampu berkompetisi membuka lapangan kerja baru. Melalui Dinas Pertanian Kelautan Dan Perikanan Kota Parepare dengan salah satu instrumen yang dilakukan dalam hal pemulihan ekonomi

Diharapkan warga binaan nantinya dapat mengembangkan potensi baik sektor pertanian perikanan perkebunan maupun peternakan sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. 

"Hal ini Selaras dengan visi dan misi Wali Kota Parepare mewujudkan kota industri tanpa cerobong asap tak lain adalah agar bisa menciptakan multiplier effect. Karena dari pergerakan itu akan memunculkan ekonomi baru sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota Parepare", Tuturnya.

Lebih lanjut, Hal ini sejalan dengan UU No 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan Pasal 12 Ayat c ;  Anak dan Anak Binaan Berhak mendapatkan pengajaran, pendidikan,  pengajaran, kegiatan rekreasional, serta kesempatan mengembangkan potensi dengan memperhatikan tumbuh kembangnya. 

Kepala Lapas IIA Parepare mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Parepare yang telah memberikan perhatian dan kontribusi yang positif selama ini.


Editor: Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved