-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Kamis, Mei 25, 2023

Terus Berinovasi, Rutan Kelas IIB Barru Cetus Layanan Antar Pulang Narapidana

Terus Berinovasi, Rutan Kelas IIB Barru Cetus Layanan Antar Pulang Narapidana

METRO ONLINE, BARRU - Peran instansi pemerintah dalam hal ini Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Barru betul-betul dituntut untuk berkontribusi lebih terhadap masyarakat. Seiring berkembangnya zaman, perubahan yang terjadi di tengah masyarakat harus direspon dengan perubahan pada sektor pelayanan publik didalam instansi Rutan Kelas IIB Barru itu sendiri. 

Sejak pemerintah menginstruksikan Pembangunan Zona Integritas dengan mengeluarkan peraturan melalui Permenpan RB Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah, Rumah tahanan negara Kelas IIB Barru terus bergerak melakukan perubahan baik disektor SDM maupun perubahan- perubahan disektor layanan publik.

Sebagi salah satu bentuk implementasi dari pembangunan ZI ini, pembentukan agen perubahan dipandang perlu untuk dilaksanakan. Agen perubahan sangat memegang peranan penting dalam menjawab permasalahan-permasalahan yang muncul di dalam instansi. 

Agen perubahan adalah sosok yang mampu menjadi teladan dan panutan bagi pegawai lainnya sekaligus bisa mencetuskan sebuah inovasi layanan. 

Kepala Rutan Kelas IIB Barru Mashuri Alwi melalui arahannya pada Apel Pencanangan Pembangunan Zona Integritas tanggal 24 Januari 2023 lalu mengatakan Sebagai bentuk komitmen kita bersama dalam pembangunan zona integritas, maka kita harus segera membentuk Agen Perubahan dan tim kerja pembangunan ZI. 

"Seluruh pegawai Rutan Barru harus terlibat dalam seleksi tim kerja pembangunan ZI dan agen perubahan yang dibentuk diharapkan memiliki inovasi layanan yang bermanfaat bagi narapidana maupun masyarakat", Ujarnya.

Sejak saat itu, Rutan Kelas IIB Barru terus berinovasi memberikan layanan yang terbaik kepada narapidana maupun masyarakat. Salah satu inovasi layanan yang dicetuskan oleh salah satu agen perubahan Rutan Barru yaitu AURA (Antar Jemput Narapidana).

"AURA tercipta pertama kali dari keprihatinan pegawai yang menemukan banyak warga binaan yang bingung saat bebas. Harus pulang sama siapa, tidak punya biaya, sementara keluarganya berada sangat jauh dari lokasi rutan", Jelasnya.

AURA merupakan jawaban dari permasalahan tersebut. Inovasi ini menyajikan layanan kepada warga binaan pemasyarakatan yang telah menjalani masa pidananya. Ketika warga binaan ini telah bebas, maka pegawai Rutan Barru menyediakan mobil khusus untuk mengantar warga binaan tersebut sampai ke rumah atau ke terminal.

"AURA adalah salah satu bentuk kerja nyata pelayanan prima terhadap Narapidana yang ada di Rutan Kelas IIB Barru. Manfaatnyapun juga dirasakan oleh keluarga yang bersangkutan. Tidak sedikit dari pihak keluarga mengucapkan banyak terima kasih atas pelayanan ini. Apalagi layanan ini gratis, tidak dipungut biaya", tuturny.

Kepala Rutan Kelas IIB Barru menjelaskan Rutan Barru akan terus bergerak untuk meningkatkan pelayanan publik melalui inovasi-inovasi yang dicetuskan.

"Inovasi layanan merupakan bentuk komitmen kami dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan WBP. Kedepannya kami usahakan akan terus berinovasi dalam peningkatan pelayanan publik demi mewujudkan Rutan kelas IIB Barru yang bersih dan transparan menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)", imbuh karutan.


Editor:Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved