-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar

Senin, Mei 08, 2023

Lapas Kelas IIA Parepare Gandeng Disnaker Lakukan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan Bagi Warga Binaan

Lapas Kelas IIA Parepare Gandeng Disnaker Lakukan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan Bagi Warga Binaan

METRO ONLINE, PAREPARE - Dinas Tenaga Kerja dan UMKM Kota Parepare melaksanakan kegiatan penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi warga binaan pemasyarakatan Lapas IIA Parepare, di  Lapas IIA Parepare Senin (8/5/2023).

Kegiatan ini perlu di laksanakan dalam rangka memberikan bekal pengetahuan dan persiapan memasuki dunia kerja dan pasar kerja. 

Kegiatan dibuka oleh Kabid bidang penempatan dan pelatihan ketenagakerjaan kota Parepare Arwah Rahman, S.Pd., M.Si mewakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan UMKM Kota Parepare. Hadir dalam acara pembukaan Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, AmdIP, SH, dan Seluruh Pejabat Struktural Eselon IV V dan pejabat fungsional umum serta tertentu lainnya. Peserta kegiatan 25 orang warga binaan yang akan dipersiapkan menjadi calon wirausaha.

Dasar pelaksanaan Surat Kepala Dinas Tenaga Kerja dan UMKM Kota Parepare Nomor : 560/120/Disnaker tanggal 03 Mei 2023.

Pemateri kegiatan penyuluhan dan bimbingan jabatan Kepala Lapas IIA Parepare dengan materi yang diberikan Pentingnya Pelatihan Kemandirian Bersertifikat, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan UMKM Kota Parepare Basuki Busrah, SE, M.Si dengan materi Kebijakan Ketenagakerjaan Kota Parepare dan Kabid bidang penempatan dan pelatihan ketenagakerjaan kota Parepare Arwah Rahman, S.Pd., M.Si dengan paparannya Peluang Dan Tantangan Dunia Kerja di Era Digital. 

Kalapas Kelas II A mengatakan bahwa, Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan adalah proses penyampaian informasi tentang jabatan dan pekerjaan, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia kerja baik formal maupun informal, kepada para pencari kerja untuk siswa, mahasiswa, dan masyarakat. 

"enyuluhan diberikan kepada 25 orang warga binaan yang dipersiapkan akan memasuki dunia kerja dan dilaksanakan dengan memberikan informasi mengenai situasi dunia kerja saat ini, seperti standar kompetensi yang harus dimiliki calon pencari kerja, persyaratan jabatan, program pelatihan, pemagangan dan penempatan, peluang kesempatan kerja dan potensi usaha mandiri, serta memberikan bimbingan jabatan mengenai bagaimana calon pencari kerja bisa memahami dan menggali potensi diri (minat, bakat dan kemampuan), sehingga calon pencari kerja dimaksud bisa menentukan sikap dalam memasuki dunia kerja baik di sektor formal maupun informal sesuai minat, bakat dan kemampuannya untuk memasuki dunia kerja", Ujarnya. 

Warga binaan pemasyarakatan Lapas IIA Parepare telah diberikan program Pelatihan Kemandirian Bersertifikat dengan harapan memiliki kemampuan pengetahuan dan keahlian atau skill yang mumpuni sehingga mampu membuka lapangan kerja baru untuk membantu perekonomian masyarakat. 

Selaras dengan visi dan misi Wali Kota Pare-Pare Taufan Pawe membuat kota Parepare menjadi kota industri tanpa cerobong asap.

Kepala Lapas IIA Parepare mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan UMKM Kota Parepare dan  seluruh Pejabat Struktural Eselon IV V beserta jajarannya serta Komandan Regu pengamanan beserta jajaran pada Lapas IIA Parepare yang telah bekerja keras kerja cerdas dan kerja ikhlas sehingga pelaksanaan kegiatan hari ini berjalan lancar dan tertib.


Editor: Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved