-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Rabu, Mei 24, 2023

Hakim Wasmat Apresiasi Kalapas IIA Parepare Yang Memberikan Pelayanan Pembinaan Bimbingan Dan Perawatan ke WBP

Hakim Wasmat Apresiasi Kalapas IIA Parepare Yang Memberikan Pelayanan Pembinaan Bimbingan Dan Perawatan ke WBP

METRO ONLINE, PAREPARE - Kepala Lapas Kelas IIA Parepare Totok Budiyanto, AmdIP, SH didampingi Kepala Seksi Bimnadik Simung, S.Ag, M.Si menerima kunjungan Hakim Wasmat Pengadilan Negeri Kota Parepare Bonita Pratiwi Putri, SH, MH selaku Ketua Tim Monitoring Dan Evaluasi dan Rini Ariani Said, SH, MH selaku anggota juga  Panitra Muda Pidana dan staf. Rabu  (24 Mei 2023), mulai pukul 10.00 Wita.

Sebanyak 5 orang warga binaan diminta dalam pelaksanaan Wasmat kali ini dimana tujuannya untuk memastikan pelaksanaan putusan Pengadilan telah dilaksanakan sebagaimana mestinya serta untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan dan efektivitas putusan tersebut terhadap warga binaan itu sendiri. 

Warga binaan selanjutnya dimintai keterangan dan diwawancarai langsung untuk mengetahui perlakuan terhadap dirinya, serta hubungan-hubungan kemanusiaan antar sesama warga binaan maupun hubungan dengan para petugas Lapas IIA Parepare.

Kepala Lapas IIA Parepare sangat menyambut baik pelaksanaan Wasmat yang dilaksanakan oleh Pengadilan Negeri Kota Parepare pada hari ini, karena disamping untuk memastikan tidak adanya penyimpangan antara putusan Pengadilan juga untuk menjaga hubungan baik dan sinergitas antara Aparat Penegak Hukum.

Setelah mengunjungi sarana dan prasarana pelayanan bagi warga binaan Bonita Pratiwi Putri, SH, MH selaku Ketua Tim Monitoring menyampaikan apresiasi luar biasa kepada Kepala Lapas IIA Parepare beserta seluruh jajarannya yang telah memberikan pelayanan pembinaan bimbingan Dan perawatannya kepada seluruh warga binaan.

"Banyak perubahan yang telah dilakukan oleh Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, AmdIP, SH selama saya mengunjungi di Lapas IIA Parepare sebelumnya. Seluruh prasarana pelayanan publik mengedepankan Hak Asasi Manusia. Hal ini sangat sesuai dengan Permenkumham Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM)", Ujarnya.

Seluruh petugas sangat ramah dan humanis dengan menjunjung  nilai-nilai kehidupan Sipakatau Sipakalebi dan Sipakainge pada falsafah masyarakat Bugis bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, merupakan sikap saling menghormati, menghargai, saling menasehati, mengingatkan dan saling memuliakan.

Dalam layanan pemberian makanan, minuman, ibadah (kerohanian), perpustakaan, pendidikan, kunjungan, bantuan hukum, hak bersyarat dan kesehatan sangat optimal. Service Excellence (layanan yang sangat baik) dalam penerapan kepada warga binaan.

" Kesimpulannya Kepala Lapas IIA Parepare beserta seluruh jajarannya telah memberikan pelayanan pembinaan bimbingan dan perawatan yang terbaik bagi warga binaan pemasyarakatan", tuturnya.

Selanjutnya Tim Monitoring berkenan melihat program inovasi pembinaan dan bimbingan bagi warga binaan yaitu Rumah Kemandirian Sarana Asimilasi Edukasi Lapas IIA Parepare. Yang merupakan tempat sentral Pembinaan Asimilasi Edukasi dimana ada ruang buku bacaan pertanian perikanan dan peternakan dan perkebunan, ruang sosialisasi, ruang pertemuan dengan kelompok tani serta evaluasi kegiatan. 

Kepala Lapas IIA Parepare mengucapkan terima kasih kepada  Tim Wasmat Pengadilan Negeri Kota Parepare serta  seluruh Pejabat Struktural Eselon IV V beserta jajarannya serta Komandan Regu pengamanan beserta jajaran pada Lapas IIA Parepare yang telah bekerja keras kerja cerdas dan kerja ikhlas sehingga pelaksanaan kegiatan hari ini berjalan lancar dan tertib.


Editor: Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved