-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar

Kamis, Maret 18, 2021

Gelar Pelatihan Satu Data, Bupati Suardi Saleh Urai Manfaatnya

Gelar Pelatihan Satu Data, Bupati Suardi Saleh Urai Manfaatnya

METRO ONLINE BARRU--Gelora Pemda Barru untuk memodernisasi layanan, agar lebih efisien dan efektif serta konsistensi pada ketaatan asas umum pemerintahan yang baik, terus ditingkatkan dan dikabarkan. 

Setelah awal pekan ini, niat untuk mengelektronikkan tanda tangan pejabat di administrasi layanan publik. Kali ini, Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si menghimpun Pejabat yang menjadi Verifikator dan Admin Data Statistik untuk pahami aplikasi "Satu Data", dengan laksanakan Pelatihan yang digelar di Makassar, Rabu (17/3/2021).

"Sesuai kebijakan tata kelola data pemerintah, untuk hasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi, Pusat maupun daerah," sebut Bupati Suardi Saleh saat membuka pelatihan ini, malam tadi. 

Acara yang dihelat selama Tiga hari tersebut, akan mengumpulkan, mengolah, serta mengimput data, baik dalam bentuk statistik maupun naratif.

"Alhamdulillah, kita sudah punya Peraturan Bupati Nomor 8 Tahun 2020 kemarin, yang mengatur tentang Satu Data Terpadu Daerah, semoga ini menjadi bagian dari upaya kita, untuk mengakselerasi kemajuan Daerah secara terukur dan transparan," ucap Kepala Daerah yang telah tiga pekan, dilantik kembali memimpin Barru untuk periode keduanya.

Ia berujar, bahwa hal ini merupakan implementasi Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Nantinya, Melalui Satu Data Indonesia, atau SDI, seluruh data pemerintah dan data instansi lain yang terkait dapat bermuara di Portal Satu Data Indonesia (data.go.id).

Portal Satu Data Indonesia merupakan portal resmi data terbuka Indonesia yang dikelola oleh Sekretariat Satu Data Indonesia tingkat Pusat, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Bappenas. 

"Kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi dan sinergikan kinerja, dan kami berupaya penuh untuk dapat memenuhi ketentuan dalam Peraturan Bupati, demi terwujudnya transparansi dan akuntabilitas sesuai arahan Bapak Bupati," urai Syamsuddin S.IP, M.Si selaku Leading Sektor Penyelenggara kegiatan ini.

Kepala Diskominsta Barru ini menyebutkan, bahwa diharapkan setiap data yang berasal dari masing-masing OPD sebagai Produsen Data, dikumpulkan ke Diskominsta Barru selaku Wali Data, untuk selanjutnya disimpan dalam Big Data. Nantinya, Data ini dapat diakses secara terbuka dan dikategorikan sebagai data publik. 

Bintek yang diselenggarakan ini, juga untuk memberikan pemahaman dan batasan, sehingga data yang dikelola dan dishare ke publik, tidak mengandung informasi yang memuat rahasia negara, rahasia pribadi, atau hal lain sejenisnya sebagaimana diatur dalam Undang-undang nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.


(Humas Barru)


Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved