-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Sabtu, Juni 29, 2024

Batok Kelapa Yang Di Sulap Warga Binaan Lapas Kelas IIB Tolitoli Wadah Lampu Hias Yang Terkesan Sebagai Barang Mahal

Batok Kelapa Yang Di Sulap Warga Binaan Lapas Kelas IIB Tolitoli Wadah Lampu Hias Yang Terkesan Sebagai Barang Mahal

METRO ONLINE Tolitoli - Bagi masyarakat umum, limbah batok kelapa atau tempurung kelapa boleh jadi tak bernilai apa-apa, Namun warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tolitoli bisa menyulap menjadi barang seni dengan bernilai ekonomi. (29/06/2024) 

Melalui imajinasi dari warga binaan dan petugas lapas kelas IIB Tolitoli mampu menyulap limbah batok atau tempurung kelapa menjadi aneka wadah lampu hias artistik yang terkesan sebagai barang mahal.

Seiring berjalannya waktu, hasil kerajinan Warga binaan Lapas Kelas IIB Tolitoli semakin dikenal dan kian laris. Apalagi harga lampu hias juga sangat terjangkau, meskipun kelihatan sederhana, sebenarnya membuat lampu hias dari batok kelapa tidak mudah. Selain harus halus dalam ukiran dan pemotongannya, bahan yang dipilih juga tidak sembarangan demi untuk memuaskan konsumen. 

Frengki selaku kasubsi kegiatan kerja mengatakan “Awalnya saya mencoba membersihkan batok dengan cara dikikis, kemudian diampelas hingga halus. Kemudian saya bentuk pola lampu hias, Namun setelah dirakit sedemikian rupa, dipernis dan dipasang bola lampu sesuai bentuk wadahnya hasilnya ternyata cukup mengejutkan."

“Harus dari kelapa tua dan masih utuh. Langsung dipotong dengan gergaji. Setelah terpola, isi kelapa diambil, tempurungnya digosok hingga halus,” tambahnya


Editor : Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved