-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar

Sabtu, Januari 20, 2024

Pastikan Situasi Aman dan Kondusif, Regu Pengamanan Rutan Sinjai Laksanakan Apel Penghuni

Pastikan Situasi Aman dan Kondusif, Regu Pengamanan Rutan Sinjai Laksanakan Apel Penghuni

METRO ONLINE SINJAI -- Apel penghuni merupakan salah satu kegiatan wajib yang dilakukan oleh anggota regu pengamanan di Rutan Sinjai, sebelum melakukan apel serah terima kepala regu pengamanan. Kegiatan ini dilakukan sebanyak 3 kali sehari setiap pergantian regu pengamanan, Sabtu (20/01).

Apel penghuni kali ini dilaksanakan oleh Kepala Regu Pengamanan Rutan Sinjai bersama staf Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR). Dengan tujuan untuk memastikan jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) serta situasi dan kondsi keamanan pada blok hunian.

Kepala Regu Pengamanan II, Suhardi menyampaikan bahwa salah satu tugas dari Petugas Pengamanan di Rutan adalah melaksanakan apel pengecekan WBP. Kegiatan apel ini dilaksanakan setiap kali pergantian regu pengamanan.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk menghitung kembali jumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang ada sebelum diserahkan ke regu jaga pengamanan selanjutnya," ucapnya.

Suhardi menambahkan selain cek dan kontrol kembali jumlah penghuni, Apel ini merupakan kewajiban bagi warga binaan serta media untuk penyampaian arahan oleh oleh petugas.

“Apel penghuni bisa kita jadikan media untuk menyampaikan informasi atau hal yang sangat penting kepada warga binaan. selain itu apel penghuni juga dapat kita jadikan untuk melakukan kontrol keaadan lingkungan dan Warga binaan,” tambahnya.

Dalam pelaksanaannya, para WBP wajib berbaris secara rapi saat akan dilakukan pengecekan kesesuaian jumlah. Petugas berhak melakukan tindakan pengamanan apabila WBP melakukan tindakan yang tidak diperbolehkan, seperti WBP tidak ada ditempat, bersenda gurau hingga membuat kericuhan. 


Editor : Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved