-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar

Selasa, Desember 19, 2023

WBP Lapas IIA Parepare Khidmat Mengikuti Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke - 75 Tahun 2023.

WBP Lapas IIA Parepare Khidmat Mengikuti Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke - 75 Tahun 2023.

METRO ONLINE PAREPARE- Lapas Kelas IIA Parepare, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare dan Bapas I Makassar (Pos Bapas Parepare) menyelenggarakan upacara dalam rangka memperingati Hari Bela Negara Ke - 75 Tahun 2023 dan Kesiapan Nataru Tahun 2023/2024 dengan tema “Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju”, Selasa, 19 Desember 2023. 

Dasar rujukan pelaksanaan upacara memperingati Hari Bela Negara Ke -75 Taun 2023  Undang-Undang Dasar Tahun 1945, Pasal 27 ayat (3) mengamanatkan bahwa, “Setiap Warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”, dan Surat PLT. Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum Dan HAM RI Nomor : SEK-UM.04.01-1201 Tanggal  18 Desember 2023, Perihal : Pedoman Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-75 dan Kesiapan Nataru Tahun 2023/2024 di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia  RI.

Bertindak sebagai Inspektur upacara pada Peringatan Hari Bela Negara Ke-75 dan Kesiapan Nataru Tahun 2023/2024 ini PLH Kepala Lapas IIA Parepare Kepala Seksi Keamanan Dan Tata Tertib Lapas IIA Parepare Sdr. Bahri, S.Sos, MH, sedangkan Perwira upacara Kepala Seksi Bimnadik Lapas IIA Parepare Sdr. Muchamad Zaenal Fanani S.Sos., MM selanjutnya Kepala Urusan Kepegawaian dan Keuangan Lapas IIA Parepare Nasri Sirappa, SE, M.Si, bertindak sebagai komandan upacara. Petugas pelaksana pembaca Ikrar Bela Negara Sdr. Tegar Fauzi  (Lapas Parepare). Sedangkan pembaca doa Sdr. Ali Rahmat M, dirigen Sdr (i) A. Ridha Faradiba H dan Pembawa Acara Sdr (i) Marwati seluruhnya petugas Lapas IIA Parepare. Ini adalah bentuk sinergitas dan kolaborasi antar Satuan Kerja dalam menyelenggarakan kegiatan upacara antar stekholder dan akademisi yang terjalin dengan sangat baik.

Adapun peserta upacara yang hadir adalah seluruh pejabat Struktural Eselon IV, V dan pejabat fungsional umum serta tertentu lainnya dari ketiga Satuan Kerja Lapas IIA Parepare, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare, BAPAS I Makassar (Pos Bapas Parepare) dan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Parepare juga warga binaan pemasyarakatan Lapas IIA Parepare. 

Dalam Amanatnya Inspektur Upacara membacakan Amanat Presiden pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023.  “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju”. Rasa syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, pada tanggal 19 Desember 2023 ini, kita dapat memperingati Hari Bela Negara Ke-75. Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi kita untuk Bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita citacitakan. Tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara. 

Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan seharihari. 

Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara. Pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 ini, saya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk, dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih Indonesia Maju, Bersatu, Berdaulat, Mandiri, dan Sejahtera. Aamiin aamiin Ya Rabbal Alamin. Semangat Hari Bela Negara Ke-75 “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju.”  

Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH mengikuti upacara peringatan Hari Bela Negara Ke - 75 Tahun 2023 dan Kesiapan Nataru Tahun 2023/2024 di Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM Sulawesi Selatan di Makassar. 

Kepala Lapas IIA Parepare menyampaikan rasa syukur dan bangga seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan mengikuti upacara dengan penuh khidmat. Kami mengajak seluruh warga binaan mendorong semangat kebangsaan dalam bela negara dalam rangka mempertahankan kehidupan berbangsa dan bernegara yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan walaupun berada didalam Lapas menjalani masa pidana dan masa tahanan. Inilah langkah maju dalam meningkatkan kualitas pelayanan bimbingan dan pembinaan kepada warga binaan pemasyarakatan.

Seluruh rangkaian pelaksanaan upacara berjalan dengan lancar aman dan Tertib serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.     

Seluruh jajaran Lapas Parepare, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare dan BAPAS I Makassar (Pos Bapas Parepare) siap untuk mewujudkan Kementerian Hukum dan HAM yang Semakin Berkualitas Menuju Indonesia Maju berdasarkan Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.


Editor :Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved