-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Kamis, Mei 04, 2023

Sebagai Sarana Pembinaan ke Warga Binaan, Kalapas Kelas IIA Palopo Kembali Tabur Benih Ikan Lele

Sebagai Sarana Pembinaan ke Warga Binaan, Kalapas Kelas IIA Palopo Kembali Tabur Benih Ikan Lele

METRO ONLINE, PALOPO - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palopo Kemenkumham Sulsel melalui seksi kegiatan kerja kembali menebar benih ikan lele ke tambak ikan lele sebagai sarana pembinaan kepada warga binaan, Kamis (04/05/2023).

Penebaran benih ini dilakukan langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIA Palopo, Jhonny H Gultom bersama penyuluh Pertanian dan Peternakan Kota Palopo, Rusmini, S.P didampingi Pejabat Struktural serta jajaran dari Seksi Kegiatan Kerja. 

Adapun benih ikan lele yang ditebar sebanyak 500 ekor, penambahan benih ikan lele ini guna mengoptimalkan produksi hasil budidaya ikan lele yang saat ini berjumlah kurang lebih 2000 ekor.

Kepala Lapas Jhonny  mengatakan, ternak Ikan lele ini merupakan salah satu program pembinaan yang ada di Lapas Kelas IIA Palopo. Kolam budidaya ikan lele ini dibuat dengan memanfaatkan lahan yang berada di samping lapas dan ada sekitar empat kolam ikan yang dibuat disana.

“Budidaya ikan lele dibuat sebagai salah satu program pembinaan kemandirian warga binaan. Tak hanya ikan lele saja, ada juga ikan jenis lain seperti ikan nila yang dibudidayakan disini yang tak lama lagi juga akan kita panen,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kalapas mengatakan, hasil dari panen tersebut akan dijual melalui gerakan one day one prison’s product Lapas Kelas IIA Palopo dan juga diolah untuk konsumsi warga binaan. Dan keuntungan dari hasil penjualan tersebut akan disetorkan dalam bentuk PNBP.

“Dipilihnya ikan lele untuk dibudidayakan ini karena mempunyai nilai jual yang sangat baik dan tergolong cepat dalam pembesarannya. Selain itu juga pemeliharaan tidak terlalu rumit. Ke depannya dengan keberhasilan ini, budidaya ikan lele akan kami tingkatkan lagi,” Terangnya.


Editor: Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved