-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Kamis, Juli 21, 2022

Mahasiswa lTB warnai Darmaga pelangi dan Perpustakaan Mini untuk Suku kat di pulau lipan

Mahasiswa lTB  warnai Darmaga pelangi dan Perpustakaan Mini untuk  Suku kat di pulau lipan

METRO ONLINE LINGGA--Program ITB MEMBANGUN NEGRI sudah dilaksanakan dari sejak tahun lalu. ITB diharapkan sebagai universitas terkemuka di Indonesia memperluas perannya untuk daerah-daerah terpencil, daerah perbatasan dan juga suku-suku terasing atau tertinggal.

ITB mengadakan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) untuk Komunitas Adat Terpencil (KAT) Suku Laut di Pulau Lipan, Desa Penuba, Kecamatan Selayar, Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan telah dilaksanakan dari tanggal 12 Juli 2022,hingga puncaknya peresmian dermaga Pelangi dan Perpustakaan Mini tanggal 20 Juli 2022.

Peresmian dilakukan oleh Camat Selayar Kab Lingga. Selain itu peresmian diikuti oleh,

Dinas sosial pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak:  Aswin

Camat Selayar : H.Abdul KamarKapolsubsektor penuba Aipda Andi Saputra,Kanit Kamsel Satlantas BRIPKA SAMSURIZAL,Kepala Desa Penuba : Safri Kepala Dusun pulau lipan : Alwin

Kepala sekolah SDN 006 Selayar : Jurniza

Kegiatan Pengmas diprakarsai oleh Dr. Susanna Nurdjaman, S.Si., M.T. selaku Ketua Tim dan Ivonne M. Radjawane, M.Si., Ph.D., dan juga mahasiswa Sarjana S1 Oseanografi Affan F. Rahmadian, M. Ikhwan F. Giantara., Jeremy N. Pongrekun, dan Erica M. Budiono dari Program Studi Oseanografi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Institut Teknologi Bandung.   

ITB Membangun Negri: Dermaga Pelangi dan Perpustakaan Mini untuk Pemberdayaan Masyarakat Suku Laut, Kepulauan Riau

Diperlukan relawan yang mau memberikan pengabdiannya bagi perkembangan Pendidikan di lingkungan Komunitas Adat Terpencil dalam hal ini Suku Laut sehingga dengan bekal yang cukup mereka dapat mengembangkan potensi diri dan taraf hidupnya. Oleh karna itulah kami dari Tim Prodi Oseanografi tergerak dalam program pemberdayaan masyarakat suku laut khususnya dalam bidang Pendidikan. 

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat kali ini adalah:

Memberi pemahaman tentang pelestarian laut dan mitigasi bencana laut

Meningkatkan kesadaran pentingnya pendidikan bagi masyarakat suku laut

Meningkatkan wawasan dan pengetahuan anak-anak suku laut.

Meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat suku laut

Adapun rangkaian yang dilakukan adalah : Pembentukan karakter cinta laut dan FunGame, Pembuatan Perpustakaan Mini, Pemberian peralatan olah raga (peralatan voli dan badminton), serta Pembuatan Dermaga Pelangi.


Sumber:Rilis mahasiswa ITB/Effendi Kabiro lingga

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved