-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar

Minggu, November 29, 2020

Wakil Bupati Sinjai Resmikan TBM Tudang Sipagguru

Wakil Bupati Sinjai Resmikan TBM Tudang Sipagguru

METRO ONLINE SINJAI--Usai Melantik Karang Taruna Desa Polewali, Wakil Bupati Sinjai Hj.Andi Kartini Ottong meresmikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Tudang Sipagguru yang berada di Dusun Jenna, di samping SDN 244 Jenna Desa Polewali Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Minggu, (29/11/2020).

Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong di dampingi Langsung oleh Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kabupaten Sinjai Andi Mirfayani Mirsal dan Kepala Desa Polewali Kecamatan Sinjai Selatan Imran.

Kepala Desa Polewali Imran mengatakan bahwa letak TBM ini sangat strategis karena berada dekat dari pemukiman penduduk, dekat dari masjid dan sekolah. 

"Saya selaku kepala desa berharap agar TBM ini akan menjadi tempat belajar  bagi anak anak dan masyarakat terkhusus pemuda dan pemudi di dusun Jenna. Selain di sekolah anak-anak juga bisa membaca buku, mewarnai, dan belajar bersama," Ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Sinjai Hj.andi Kartini ottong sangat mengapresiasi inisiatif pengurus Karang Taruna untuk mendirikan Taman Baca terutama di Desa. Menurutnya pemuda harus berinovasi dan kreatif sehingga Taman Bacaan ini mampu menjadi tempat belajar dan pusat informasi dari dan untuk masyarakat tuturnya.

Sementara Ikbal Abdullah selaku Kabid Layanan dan TIK Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sinjai yang turut hadir juga menyampaikan bahwa tahun depan insyaa Allah Dinas Perpustakaan akan lebih mendorong perpustakaan desa untuk lebih aktif berkegiatan.

"Perpustakaan desa juga harus bertransformasi untuk menjadikan perpustakaan berbasis inklusi sosial," jelasnya.

Nanti akan didampingi oleh tim inklusi sosial dari dinas Perpustakaan dan library support (consultan literasi) Ibu Yani yang juga ketua PD-FTBM Sinjai. Semoga tahun depan sudah ada perpustakaan desa yang bisa kita ikutkan dalam lomba perpustakaan desa mulai tingkat kabupaten, Provinsi bahkan ke nasional.

Ketua Forum TBM Sinjai, Mirfayani Mirsal menyampaikan, untuk meningkatkan minat baca ke masyarakat dan menekan angka buta aksara merupakan tugas dan tanggung jawab kita semua, dengan mendekatkan media bacaan seperti buku, buletin, majalah dll adalah salah satu cara dan solusinya. 

"TBM juga akan menjadi tempat menimba pengetahuan bagaimana mengolah Sumber Daya Alam menjadi produk yang bisa punyai nilai jual," katanya.

Intinya pemuda harus bergerak, kalau ada 1000 pemuda yang bergerak membangun desa yakin kita ada di dalamnya, kalau 100 pemuda yang bergerak pastikan kita ada menjadi bagiannya, kalau ada 1 pemuda yang bergerak pastikan itu adalah kita. Selamat dan teruslah bergerak menjadi Pionir dalam pembangunan SDM desa, tutupnya. (Ilham Hs)

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved