BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar

Jumat, April 10, 2020

Bupati Lingga Hadiri Panen Raya Padi di Desa Panggak Darat

Bupati Lingga Hadiri Panen Raya Padi di Desa Panggak Darat

METRO ONLINE,LINGGA- -Bupati Lingga H. Alias Wello hadiri panen raya Padi di Desa Panggak Darat Kecamatan Lingga Kabupaten Lingga, Kamis (09/04/2020).

Bupati Lingga dalam sambutannya mengatakan yang di panen hari ini, mewakili reprentasi cetak sawah nasional yang ditempatkan di Kabupaten Lingga"

"Meski kita lakukan perawatan tradisional dengan alat seadanya, tapi bisa menunjukkan hasil yang luar biasa, salah satu petak sawah yang sudah di panenkan tadi itu, hasilnya sudah 6,2 ton/hektar dan ini sudah masuk ke rata-rata nasional, sudah sangat luar biasa," ujar H. Alias Wello

Lanjut Bupati Lingga, 3 tahun lalu Desa Panggak Darat ini merupakan daerah yang membeli beras, namun pada 3 tahun selepas itu dan hari ini Panggak Darat adalah Desa swasembada yang merupakan Desa mandiri pangan yang mengkonsumsi beras sendiri bahkan sudah menjual beras untuk daerah lain.

"Saya juga terharu bahwa lahan lainnya bisa di manfaatkan masyarakat Desa Panggak Darat serta Kepala Desanya yang juga dipimpin oleh Wakil Bupati untuk ternak ikan Lele, Nila serta Bebek. Hal ini merupakan nilai tambah bahwa kita tidak hanya berharap pada satu penghasilan saja melainkan ada pendapat lainnya juga,"

Dengan hasil ini kata H.Alias Wello kita perlu bersyukur dengan berkat kerja keras dari aparat pemerintah daerah yang dimotori oleh Wakil Bupati dengan para Camat nya, kemudian kepala desa nya hingga keinginan masyarakat betul betul tersalurkan", Tutup Bupati Lingga

Pada kesempatan sama, Kepala Desa Panggak Darat Zulmafriza menyampaikan Panen di Desa Panggak Darat ini bukan merupakan yang pertama kali, tetapi  melainkan panen yang ke 4 kalinya 2 hari yang lalu, petani Panggak Darat juga melakukan panen sebanyak 4,32 ton dan hari ini alhamdulillah ada kenaikan yang sangat signifikan yakni 6,2 ton," imbuhnya.

"Pada tahun sebelumnya kami telah mengalokasikan APBDes sebesar 90% dalam mengembangkan program pertanian khususnya sawah, digunakan untuk pemasangan pipa, pembuatan jembatan dan juga operasional pekerja," jelasnya.

Dan Tahun ini sebesar Rp 200 juta khusus untuk pembangunan jalan dan saya juga akan membuka taman wisata plasmanya ada 30 hektar, intinya ada 5 hektar, dan akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

"Untuk panen kali ini target kita akan mendapatkan sebanyak 70 sampai 80 ton, nanti akan kami kelola, kita jual melalui BUMDES, untuk penanganan covid-19 ini masyarakat bisa mengambil ke kami, ada Desa yang akan dibagikan, namun tetap diutamakan Desa di Kecamatan Lingga dulu,"

Kepala Desa Panggak Darat, menyambut baik dan ini adalah tekad baik dari Bupati, dan Presiden RI melalui Menteri Pertanian khususnya yang sudah membawa program pertanian ke Kabupaten Lingga. "Ide cemerlang ini, sudah bisa kita lihat hasilnya, saya mewakili petani mengucapkan terimakasih banyak atas jerih payah Bupati dan Wakil Bupati yang bekerjasama dengan kementerian pertanian," pungkas Kepala Desa Panggak Darat Zulmafriza.

Wakil Bupati Lingga M. Nizar juga menjelaskan terkait dengan maraknya wabah covid-19, akan menyumbangkan hasil dari panen ini kepada orang yang memerlukan. Setelah dilakukan proses hingga ke tahap dimasukkan kedalam kemasan, "Insya Allah khusus punya saya sudah di pastikan," pungkas Wabub. (Pendy)


Editor: Muh Sain

Berita Terkait

BERITA LAINNYA

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved