-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Minggu, Januari 28, 2024

Kapolres Luwu Utara Berkunjung Ke Pegunungan Kecamatan Rongkong, Disambut Tradisi Massolo'

Kapolres Luwu Utara Berkunjung Ke Pegunungan Kecamatan Rongkong, Disambut Tradisi Massolo'

METRO ONLINE Luwu Utara -- Baru 2 minggu menjabat Kapolres Luwu Utara, AKBP Muh. Husni Ramli langsung menjajal wilayah pegunungan untuk memantau situasi Kamtibmas yang masuk di dalam wilayah hukumnya. Dengan menggunakan roda 2, Kecamatan rongkong menjadi wilayah pegunungan pertama yang ia tuju di pekan kedua sejak dirinya dilantik sebagai kapolres Luwu Utara. 

Tradisi massolo' dengan disertai seekor ayam jantan putih, beras dan 3 telur ayam kampung menyambut kedatangan mantan kasat reskrim polresta pontianak di kecamatan berjuluk Tana Masakke itu. 

"Prosesi adat dilakukan untuk menjemput para pembesar yang datang ke tanah rongkong tapi ada intinya prosesi ini dilakukan untuk menyampaikan doa kepada Allah agar bapak senantiasa dilindungi diberikan kesehatan serta malu menghadapi setiap masalah dan sesuatu yang membuat masyarakat resah. Ayam jantan itu diberi diharapkan pemerintah itu seperti dimana ayam jantan yang berkokok disitulah pemerintah. Putih melambangkan rasa suci dan lapang dada menerima kehadiran bapak kapolres. Banyaknya butiran beras artinya banyaknya masyarakat rongkong yang menyambut bapak dan tiga telur ayam kampung yang artinya pemerintah, adat dan agama yang harus berjalan berdampingan. " Ucap tetua adat rongkong saat menyampaikan makna massolo' dihadapan Kapolres Luwu Utara. 

Sementara itu, Kapolres Luwu Utara AKBP Muh. Husni Ramli mengaku terharu dengan sambutan yang diberikan. Menurutnya, kehadiran dirinya di kecamatan rongkong sudah menjadi tugas negara untuk memberikan jaminan keamanan dan ketertiban untuk seluruh masyarakat yang ada di wilayah hukumnya. 

"Saya terharu bisa disambut dan diterima seperti ini. Saya juga bisa berada di sini karena negara karena tugas negara bagaimana negara hadir di tengah-tengah masyakarakat. saya tugas baru 2 minggu tapi sudah ke Rongkong tidak lain karena tugas saya terkait kemanan dan ketertiban utamanya menjelang pemilu. Kami TNI-polri  tujuan kami tidak lain bagaimana mencapai pemilu Damai." Ungkapnya. 

Kunjungan perdananya di Kecamatan rongkong tidak hanya melakukan pemantauan situasi kamtibmas namun juga menyambangi sejumlah warga sekaligus memberikan bantuan sosial sebagai wujud kepedulian polri bagi warga khususnya yang berada di wilayah pegunungan(*)


Editor : Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved