-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar

Minggu, Januari 07, 2024

Awal Tahun 2024, WBP Lapas IIA Parepare Panen Perdana Jagung dan Terong

Awal Tahun 2024, WBP Lapas IIA Parepare Panen Perdana Jagung dan Terong

METRO ONLINE PAREPARE- Bertempat dirumah kemandirian Sarana Asimilasi dan Edukasi Warga Binaan Pemasyarakatan, Kepala Lapas IIA Parepare Bapak Totok Budiyanto Amd.IP, SH didampingi Kepala Seksi Kegitan Kerja Abdullah, SH, M.Si bersama dengan warga binaan melaksanakan kegiatan panen perdana jagung dan terong, Sabtu, 06 Januari 2024. 

Hasil panen ini merupakan wujud Keberhasilan dari kerjasama dengan Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Parepare juga Dinas Ketahanan Pangan Kota Parepare. Dimana penyelenggaraan Sarana Asimilasi Edukasi bagi WBP di Lapas Kelas IIA Parepare berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pemasyarakatan Nomor : PAS-403.PK.01.04.04 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE). Dimana Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) bagi WBP di Lapas IIA Parepare merupakan tempat pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan. 

Warga binaan yang bekerja di Sarana Asimilasi dan Edukasi juga tidak sembarangan. Sebelumnya mereka harus melalui proses sidang TPP oleh Tim Pengamat Pemasyarakatan. Persyaratannya yaitu berkelakuan baik dan tidak pernah melakukan pelanggaran. Sarana Asimilasi dan Edukasi menjadi wadah untuk membina dan mendidik Warga Binaan Pemasyarakatan sebelum mereka keluar dan kembali ke tengah-tengah keluarga dan masyarakat.

Kegiatan Rumah Kemandirian Sarana Asimilasi Edukasi Lapas IIA Parepare meliputi pertanian, perkebunan dan perikanan. Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan di bidang pertanian, perkebunan dan perikanan. 

Kepala Dinas Pertanian Kelautan Dan Perikanan (DPKP) Kota Parepare Ir. Wildana, SP, MM, IPU mengatakan 31 orang pejabat fungsional dari Dinas Pertanian Kelautan Dan Perikanan (DPKP) Kota Parepare telah ditugaskan untuk memberikan pendampingan dan penyuluhan membantu program kerja bidang pertanian perkebunan dan perikanan di Lapas IIA Parepare secara berkelanjutan. 

Sedangkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Parepare Ir. Muhammad Nur, M.Si telah memberikan bibit kangkung, terong, cabai dan tomat serta benih jagung untuk warga binaan di Lapas IIA Parepare guna memperkuat ketahanan pangan yang saat ini menjadi perhatian pemerintah pusat dan daerah. 

Hal ini  sebagai tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama yang telah ditandatangani bersama tahun lalu. Hasilnya sungguh sangat luar biasa. Selama ini petugas kami dengan intens memberikan pendampingan dan penyuluhan kepada warga binaan sebagai kelompok tani. 

Apresiasi setinggi-tingginya kepada Kepala Lapas IIA Parepare yang telah membuat terobosan baru dengan membangun inovasi *”Rumah Kemandirian Sarana Asimilasi Edukasi Lapas IIA Parepare”* yang merupakan sentral program pembinaan dan bimbingan kemandirian bagi warga binaan bidang pertanian perkebunan perikanan. Sehingga hari ini diawal tahun 2024 bisa panen perdana jagung dan terong. 

Kepala Lapas IIA Parepare menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kota Parepare, khususnya Dinas Pertanian Kelautan Dan Perikanan (DPKP) Kota Parepare dan Dinas Ketahanan Pangan Kota Parepare atas perhatian dan kepeduliannya terhadap warga binaan yang ada di Lapas Parepare. 

Kepala Lapas Kelas IIA Parepare berkomitmen dengan instansi terkait untuk terus  melakukan kerjasama dalam meningkatkan sinergisitas dan kolaborasi guna memberikan pelayanan pembinaan dan bimbingan terbaik kepada warga binaan pemasyarakatan.  Terus meningkatkan kinerja dengan semangat menjunjung tinggi tata nilai PASTI dan Ber-AKHLAK.


Editor : Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved