-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar

Rabu, Desember 27, 2023

Menolak Buta Aksara, 24 Warga Binaan Rutan Sengkang Ikuti Ujian Keaksaraan Dasar

Menolak Buta Aksara, 24 Warga Binaan Rutan Sengkang Ikuti Ujian Keaksaraan Dasar

METRO ONLINE SENGKANG -- Usai menjalani proses pembelajaran baca tulis selama tiga bulan lamanya, hari ini 24 peserta didik yang sepenuhnya berasal dari warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sengkang Kanwil Kemenkumham Sulsel mengikuti ujian akhir keakasaraan dasar yang diselenggarakan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Rutan Sengkang, Rabu (27/12). 

Kasubsi Pelayanan Tahanan, Hasnah, yang juga Ketua PKBM mengungkapkan, ujian keaksaraan dasar adalah syarat yang harus dilalui peserta didik untuk mendapatkan Surat keterangan melek aksara (SUKMA) dari Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo . 

"Ujian keaksaraan dasar ini berlangsung selama tiga hari di Ruang Perpustakaan dan diawasi langsung oleh tenaga pengajar Rutan Sengkang," katanya. 

"Dari 24 peserta didik yang mengikuti ujian, 2 diantaranya adalah perempuan," tutur hasnah. 

Meski terlihat cukup sulit menjawab butiran soal, 24 warga binaan mampu menyelesaikan soal yang berisi pertanyaan menguji kemampuan membaca sekaligus menulis. 

Selain itu, mereka juga diuji kemampuan untuk mengerjakan soal matematika sederhana berupa pertambahan, perkalian, dan pengurangan. 

Ditempat terpisah, Kepala Rutan Sengkang, Amir S mengapresiasi program pemberantasan buta aksara yang telah dijalankan oleh PKBM Rutan Sengkang. 

Dirinya berharap ujian akhir keaksaraan dasar ini dapat dipergunakan dengan maksimal oleh warga binaan agar bisa meraih surat keterangan melek aksara (SUKMA).


Editor : Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved