-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Jumat, Desember 29, 2023

Lapas Kelas IIA Parepare Melaksanakan Penutupan Pelatihan Berbasis Kompetensi Bersertifikasi

Lapas Kelas IIA Parepare Melaksanakan Penutupan Pelatihan Berbasis Kompetensi Bersertifikasi

METRO ONLINE PAREPARE- Lapas IIA Parepare, telah Melaksanakan kegiatan penutupan pelatihan berbasis kompetensi  bersertifikasi bagi anggota Dharma Wanita Persatuan dan warga binaan dengan program Mobile Training Unit (MTU) Kejuruan Teknologi Pengolahan Pertanian Sub Kejuruan pembuatan roti dan kue.

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama antara Lapas IIA Parepare Parepare dengan Balai Pelatihan Vokasi Dan Produktifitas Pangkajene dan Kepulauan, Jumat, 29 Desember 2023. Adapun sebanyak 6 orang anggota Dharma Wanita Persatuan Lapas IIA Parepare dan 10 orang warga binaan Lapas IIA Parepare yang telah mengikuti pelatihan ini hari ini langsung menerima sertifikat berstandar Nasional yang diserahkan langsung oleh Kepala BPVP Pangkep Bapak Sudarsono, SE dan Kepala Dinas Nakertrans Dan UMKM Kota Parepare yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid bidang penempatan dan pelatihan ketenagakerjaan kota Parepare Arwah Rahman, S.Pd., M.Si. Adapun undangan yang hadir Kepala Lapas IIA Parepare, Kepala BPVP Pangkep, Kepala Dinas Nakertrans Dan UMKM Kota Parepare, Kepala UPTD BLK Kota Parepare beserta jajaran dan seluruh Pejabat Struktural Eselon IV, V beserta jajarannya, Anggota Dharma Wanita Persatuan Lapas Kelas IIA Parepare dan Warga Binaan Pemasyarakatan.

Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH berkenan memberikan sambutan awal. Dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kepala BPVP Pangkep Bapak Sudarsono, SE atas perhatian, kepedulian dan kerjasamanya selama ini.  Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan Warga Binaan Lapas IIA Parepare mendapatkan bekal setelah kembali ke masyarakat yang dapat berguna bagi bangsa dan negara sesuai dengan tujuan sistem pemasyarakatan. Dengan harapan seluruh peserta pelatihan setelah mengikuti kegiatan ini selain mempunyai keterampilan yang bersertifikat, bisa mendapatkan kesempatan untuk dapat diterima di dunia kerja dan dapat kembali melaksanakan fungsi sosialnya, baik sebagai anggota atau kepala keluarga maupun anggota masyarakat saat bebas nanti. Disamping itu kedepannya mampu menjadi pelaku UMKM. 

Untuk Ibu-ibu anggota Dharma Wanita Persatuan dapat membuka dan mengembangkan usaha membantu perekonomian keluarga dan pendapatan organisasi. Kepala Lapas IIA Parepare juga bermohon untuk tahun 2024 dapat diberikan Paket Pelatihan bersertifikat dan berbasis kompetensi kembali. Kepala Lapas IIA Parepare juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Nakertrans Dan UMKM Kota Parepare yang telah banyak membantu program kegiatan pelatihan lainnya untuk Warga Binaan Pemasyarakatan.

Kabid bidang penempatan dan pelatihan ketenagakerjaan kota Parepare Arwah Rahman, S.Pd., M.Si. sekaligus mewakili Kepala Dinas Nakertrans Dan UMKM Kota Parepare. Dalam sambutannya disampaikan bahwa warga binaan pemasyarakatan Lapas IIA Parepare telah diberikan program Pelatihan berbasis kompetensi dan bersertifikat berstandar Nasional dari BPVP Pangkep diharapkan memiliki kemampuan, pengetahuan dan keahlian atau skill yang mumpuni sehingga mampu membuka lapangan kerja baru untuk membantu perekonomian masyarakat melalui UMKM. Beliau juga menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih kepada Kepala Lapas IIA Parepare dan Kepala BPVP Pangkep yang telah memberikan kontribusi dan perhatiannya terhadap pelayanan, pembinaan dan bimbingan kemandirian kepada warga masyarakat Kota Parepare yang saat ini sedang menjalani masa pidananya. 

Kepala Balai Pelatihan Vokasi Dan Produktifitas Pangkajene dan Kepulauan Bapak Sudarsono, SE berkenan menutup kegiatan pelatihan hari ini. BPVP Pangkep adalah Lembaga Pelatihan yang melatih dan membentuk calon-calon tenaga kerja ataupun calon wirausaha dengan memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi setiap Siswa/I yang dilatih agar mampu menghadapi kebutuhan didunia industri dan dunia usaha. 

Tahun anggaran 2023 BPVP Pangkep memberikan bantuan 2 Paket Kegiatan Pelatihan Kerja Bersertifikasi dengan standar Nasional secara gratis kepada warga binaan Lapas IIA Parepare yaitu pelatihan pembuatan kue dan roti (Bakery) dengan peserta 16 orang. 

Kepala BPVP Pangkep dalam sambutan penutupan juga menyampaikan bahwa Paket ke 2 diharapkan warga binaan pemasyarakatan Lapas IIA Parepare setelah menyelesaikan program pelatihan  diharapkan memiliki kemampuan, pengetahuan dan keahlian atau skill yang mumpuni sehingga mampu membuka lapangan kerja baru untuk membantu perekonomian masyarakat kota Parepare kedepannya melalui UMKM. Kepala BPVP Pangkep juga menghaturkan terima kasih kepada seluruh peserta pelatihan yang mampu menyelesaikan program pelatihan dengan nilai kompeten. Insya Allah Tahun Anggaran 2024 Lapas IIA Parepare akan diberikan Paket Pelatihan Berbasis Kompetensi dan bersertifikat berstandar Nasional kembali. Inilah bentuk kepedulian perhatian dan kerjasama yang telah terjalin dengan sangat baik. 

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan proposal usulan 3 (Tiga) Paket Pelatihan Berbasis Kompetensi program Mobile Training Unit (MTU) bagi Warga Binaan Pemasyarakatan untuk Tahun Anggaran 2024. 

Kepala Lapas IIA Parepare mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala BPVP Pangkep, Kepala Dinas Nakertrans Dan UMKM Kota Parepare, Kepala UPTD BLK Kota Parepare beserta jajaran dan seluruh Pejabat Struktural Eselon IV, V beserta jajarannya serta Komandan Regu pengamanan beserta jajaran yang telah bekerja keras kerja cerdas dan kerja ikhlas sehingga pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dan tertib.


Editor : Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved