-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Rabu, Agustus 30, 2023

16 Warga Binaan Lapas Kelas IIA Parepare Mengikuti Pelatihan Berbasis Bersertifikat Berupa Pembuatan Roti dan Kue

16 Warga Binaan Lapas Kelas IIA Parepare Mengikuti Pelatihan Berbasis Bersertifikat Berupa Pembuatan Roti dan Kue

METRO ONLINE, PAREPARE - Tindak lanjut Perjanjian Kerja Sama antara Lapas IIA Parepare Parepare dengan Balai Pelatihan Vokasi, Produktifitas Pangkajene dan Kepulauan, warga binaan mengikuti pelatihan berbasis kompetensi  bersertifikasi dengan program Tailor Made Training (TMT) dengan pelatihan pembuatan roti dan kue


Adapun sebanyak 16 orang warga binaan Lapas IIA Parepare berkesempatan mengikuti pelatihan ini secara gratis dan berstandar Nasional di Lapas Kelas IIA Parepare. Rabu (30/8/2023). 

Kegiatan dihadiri langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan mewakili Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Selatan Bapak Dr. Suprapto Bc.IP, SH, MH, sekaligus berkenan memberikan sambutan.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala BPVP Pangkep Bapak Sudarsono atas perhatian dan kerjasamanya.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan Warga Binaan Lapas IIA Parepare mendapatkan bekal setelah kembali kemasyarakat yang dapat berguna bagi bangsa dan negara sesuai dengan tujuan sistem pemasyarakatan. 

"Dengan adanya Kegiatan ini di harapkan seluruh peserta pelatihan setelah mengikuti kegiatan ini selain mempunyai keterampilan yang bersertifikat, bisa mendapatkan kesempatan untuk dapat diterima di dunia kerja dan dapat kembali melaksanakan fungsi sosialnya, baik sebagai anggota atau kepala keluarga maupun anggota masyarakat saat bebas nanti. Disamping itu kedepannya mampu menjadi pelaku UMKM", Ujar Kalapas.

Kegiatan juga dihadiri langsung Kepala Balai Pelatihan Vokasi Dan Produktifitas Pangkajene dan Kepulauan, Sub Koordinator Penyelenggara Pelatihan BPVP Pangkep, Kepala UPTD BLK Binaan BPVP Pangkep Kota Parepare dan Kepala Lapas IIA Parepare beserta seluruh pejabat Struktural Eselon IV V dan pejabat fungsional umum serta tertentu lainnya.

BPVP Pangkep adalah Lembaga Pelatihan Pelatihan Yang Melatih Dan Membentuk Calon Calon Tenaga Kerja Ataupun Calon Wirausaha Dengan Memberikan Ilmu Pengetahuan Dan Keterampilan Bagi Setiap Siswa/I Yang Dilatih Agar Mampu Menghadapi Kebutuhan Didunia Industri Dan Dunia Usaha. 

Kepala UPTD BLK Binaan BPVP Pangkep Kota Parepare mengatakan bahwa, tahun anggaran 2023 BPVP Pangkep memberikan bantuan Paket Kegiatan Pelatihan Kerja Bersertifikasi secara gratis kepada warga binaan Lapas IIA Parepare yaitu pelatihan pembuatan kue dan roti (Bakery) dengan peserta 16 orang. 

"Insya Allah berikutnya akan memberikan bantuan satu paket pelatihan lagi yaitu pelatihan service AC kepada warga binaan pemasyarakatan", Jelasnya.

Selanjutnya acara dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan UMKM Kota Parepare dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan Ketenagakerjaan Kota Parepare Arwah Rahman, S.Pd., M.Si.

Dalam sambutannya menyampaikan bahwa warga binaan pemasyarakatan Lapas IIA Parepare setelah mengikuti program Pelatihan Kemandirian Bersertifikat diharapkan memiliki kemampuan pengetahuan dan keahlian atau skill yang mumpuni sehingga mampu membuka lapangan kerja baru untuk membantu perekonomian masyarakat kota Parepare kedepannya. 

Hal Selaras dengan visi dan misi Wali Kota Pare-Pare Taufan Pawe membuat kota Parepare menjadi kota industri tanpa cerobong asap. 

Selanjutnya Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan UMKM Kota Parepare, Kepala BPVP Pangkep, Kepala UPTD BLK Binaan BPVP Pangkep Kota Parepare dan Kepala Lapas IIA Parepare secara simbolis mengalungkan Id card peserta dan menyerahkan perlengkapan pelatihan kepada 2 orang perwakilan warga binaan. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh instruktur BPVP Pangkep didampingi Kepala Seksi Kegiatan Kerja Lapas IIA Parepare.


Editor: Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved