-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Sabtu, Mei 13, 2023

Lapas Kelas IIA Parepare Terima Nomor Pokok Perpustakaan dan Pinjaman Buku Dari Dinas Perpustakaan

Lapas Kelas IIA Parepare Terima Nomor Pokok Perpustakaan dan Pinjaman Buku Dari Dinas Perpustakaan

METRO ONLINE, PAREPARE - Dinas Perpustakaan  Kota Parepare melaksanakan kegiatan pembinaan perpustakaan sekaligus memberikan pinjaman buku untuk menunjang perbendaharaan literasi di Lapas Kelas IIA Parepare, Jumat  12 Mei 2023, mulai pukul 14.00 Wita sampai selesai.

PLT Kepala Dinas Perpustakaan Kota Parepare Drs. Arifuddin Idris menyerahkan Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) 7372014G0000001 Perpustakaan La Macca Lapas IIA Parepare yang telah terdaftar di Perpustakaan Nasional. 

Penyerahan Nomor Pokok Perpustakaan dihadiri langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan Dr. Suprapto, Bc.IP, SH, MH. 

Menurut PLT Kepala Dinas Perpustakaan Kota Parepare bahwa keberadaan perpustakaan tentu harus sesuai dengan izin dan juga undang-undang yang berlaku. 

"Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007, keberadaan perpustakaan bertujuan untuk memberikan layanan kepada masyarakat untuk meningkatkan kegemaran membaca dan memperluas wawasan serta pengetahuan, karena masyarakat mempunyai hak memperoleh layanan serta memanfaatkan dan mendayagunakan fasilitas perpustakaan", Ujarnya.

"Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) diberikan dalam rangka memudahkan pembinaan perpustakaan dan untuk mengetahui bagaimana peta kondisi perpustakaan di Indonesia yang akan memudahkan penyusunan program atau kegiatan pembinaan perpustakaan melalui sumber daya perpustakaan dan juga untuk menetapkan akreditasi perpustakaan", Jelasnya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Sulawesi Selatan Dr. Suprapto, Bc.IP, SH, MH menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kota Parepare atas perhatiannya kepada Lapas IIA Parepare. 

"Kegiatan pembinaan perpustakaan di Lapas IIA Parepare bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas penyelenggaraan perpustakaannya agar memberi manfaat bagi warga binaan pemasyarakatan. Sehingga perpustakaan bisa dijadikan tempat rekreasi sambil membaca", Tuturnya.

"Tujuan Pembinaan ini yaitu untuk terwujudnya penyelenggaraan perpustakaan di Lapas IIA Parepare sesuai dengan standar nasional", Ucapnya.

"Apresiasi kepada Kepala Lapas IIA Parepare yang telah melakukan sinergisitas melalui Perjanjian Kerja Sama dengan Dinas Perpustakaan Kota Parepare dalam rangka mencerdaskan warga binaan pemasyarakatan dengan gemar membaca. Semoga Perpustakaan La Macca kedepannya lebih banyak literasinya", Harapnya.

Sementara, Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, AmdIP,  SH memberikan pelayanan berdasarkan UU No 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan Pasal 12 ayat h Anak dan Anak Binaan berhak mendapatkan bahan bacaan dan mengikuti siaran media massa yang tidak dilarang.  

"Buku adalah jendela ilmu pengetahuan dengan membaca buku, pikiran lebih terbuka dalam memperoleh ilmu pengetahuan. Jendela berfungsi untuk melihat ke arah luar. Sehingga dengan membaca buku dapat menemukan banyak ilmu pengetahuan yang dapat membuka wawasan", Ucap Kalapas.

Warga binaan Lapas IIA Parepare harus menikmati layanan perpustakaan agar menambah ilmu pengetahuannya. Kepala Lapas IIA Parepare terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada warga binaan pemasyarakatan. 

Kepala Lapas IIA Parepare mengucapkan terima kasih kepada  Kepala Divisi Pemasyarakatan,  PLT Kepala Dinas Perpustakaan Kota Parepare dan seluruh Pejabat Struktural Eselon IV V beserta jajarannya serta Komandan Regu pengamanan beserta jajaran pada Lapas IIA Parepare yang telah bekerja keras kerja cerdas dan kerja ikhlas sehingga pelaksanaan kegiatan hari ini berjalan lancar dan tertib.


Editor: Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved