-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Sabtu, Mei 13, 2023

Lapas Kelas IIA Palopo Gelar Pelatihan Otomotif Sepeda Motor Kepada 22 Narapidana

Lapas Kelas IIA Palopo Gelar Pelatihan Otomotif Sepeda Motor Kepada 22 Narapidana

METRO ONLINE, PALOPO - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palopo mengadakan pelatihan otomotif sepeda motor kepada 22 narapidana. Jumat (12/05).

Pelatihan ini bekerja sama dengan instruktur dari Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Pangkajene dan Kepulauan yang memberikan pelatihan selama 20 hari.

Kepala Lapas Kelas IIA Palopo, Jhonny H Gultom mengatakan, tujuan pelatihan untuk memberikan keterampilan supaya bisa menjadi bekal awal untuk berkarya dalam setelah kembali ke lingkungan masyarakat. 

"Setiap harinya, para napi diajarkan teori dan praktik otomotif selama 8 jam di dalam lapas. Dengan bekal keterampilan ini minimal para napi memiliki skill yang bisa dimanfaatkan untuk keluarga dan tetangga atau bisa untuk bekerja", Ujarnya.

“Tujuan dilakukan kegiatan ini untuk memberikan bekal skill, minimal bisa dimanfaatkan untuk lingkungan keluarga, tapi harapannya bisa untuk bekerja setelah keluar nanti,” Tuturnya.

Instruktur pelatihan, Ilyas, S.T menyampaikan, materi pelatihan meliputi 20 poin skill servis sepeda motor. Meliputi, teknik menyetel rem, kopling, penggerak roda, pengapian, karburator dan beberapa bagian lainnya. 

Para napi dipinjami 3 sepeda motor injeksi untuk praktek secara langsung supaya pengetahuannya bisa diasah setelah mendapatkan materi.

“Dari pelatihan singkat ini paling tidak, bisa untuk merawat sepeda motor sendiri, dan masih bisa dikembangkan kalau ingin membuka bengkel sendiri.” katanya.


Editor: Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved