-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Rabu, Mei 03, 2023

Kalapas Kelas IIA Parepare Gelar Sosialisasi Dan Pengarahan Program Pendidikan Kesetaraan Bagi Warga Binaan

Kalapas Kelas IIA Parepare Gelar Sosialisasi Dan Pengarahan Program Pendidikan Kesetaraan Bagi Warga Binaan

METRO ONLINE, PAREPARE - Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, AmdIP, SH melaksanakan kegiatan pengarahan dan sosialisasi terkait program pendidikan kesetaraan paket A B Dan C bagi warga binaan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare. 

Kegiatan pendidikan kesetaraan paket A B Dan C akan dibuka kembali bulan Juli 2023 dengan jumlah peserta didik 20 orang warga binaan Lapas IIA Parepare. Didampingi Simung, S.Ag, M.Si selaku Kepala Seksi Bimnadik,Ahmad Sutoyo, Amd.IP, SH selaku Kadubsi Bimkemas dan perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare.

Kepala Lapas IIA Parepare mengharapkan warga binaan yang tidak tamat SD, SMP dan SMA dapat melanjutkan program pendidikan kesetaraan ini. Paket A adalah pendidikan kesetaraan untuk peserta didik setara SD/MI. Paket B adalah pendidikan kesetaraan untuk peserta didik setara SMP/MTs. Paket C adalah pendidikan kesetaraan untuk peserta didik setara SMA/MA.

"Kejar Paket A, B, dan C merupakan solusi bagi warga binaan Lapas IIA Parepare yang putus sekolah namun ingin memiliki pengetahuan, kemampuan dan ijazah setara dengan SD, SMP, dan SMA", Ujarnya.

"Nantinya warga binaan sebagai siswa didik akan mendapatkan pelajaran setara sesuai dengan tingkatannya. Kegiatan pembelajaran kejar paket dilaksanakan secara fleksibel dibandingkan dengan sekolah formal artinya pembelajaran dilaksanakan tidak penuh dalam 1 Minggu melainkan hanya dilaksanakan 3 kali dalam seminggu. Pembelajaran dimulai pukul 09.00 Wita sampai dengan 12.00 Wita", Tuturnya.

Dalam sambutanya Hj. Marni, S.Pd selaku penanggung jawab kegiatan pendidikan kesetaraan paket A B Dan C agar warga binaan selaku siswa didik untuk mengikuti pelajaran dengan disiplin, bersungguh-sungguh dan menghargai serta menghormati gurunya.

Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Parepare telah menetapkan 6 orang guru sebagai tenaga pengajar pendidikan kesetaraan paket A B Dan C di Lapas IIA Parepare.

Setelah warga binaan menyelesaikan pendidikan kesetaraan mendapatkan ijazah. Ijazah sebagai tanda kelulusan, yang kemudian dapat dipakai untuk mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik ke sekolah menengah ataupun ke perguruan tinggi, atau bagi yang hendak langsung bekerja, Ijazah juga dapat dipergunakan sebagai kelengkapan persyaratan lamaran kerja. 

"Hal ini sesuai dengan harapan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan bahwa program pembinaan dan bimbingan kepada warga binaan yang telah dilaksanakan oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Parepare bisa bermanfaat setelah bebas nantinya. Ditambahkan dengan program pelatihan kemandirian bersertifikasi", Tuturnya.

Lapas Kelas IIA Parepare dibawah kepemimpinan Totok Budiyanto, AmdIP, SH bekerja sama dengan seluruh jajaran terus melakukan pembenahan secara menyeluruh baik bidang pembinaan, bimbingan, pelayanan dan keamanan serta ketertiban.

Kepala Lapas IIA Parepare mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare beserta jajaran dan seluruh Pejabat Struktural Eselon IV V beserta jajarannya serta Komandan Regu pengamanan beserta jajaran pada Lapas IIA Parepare yang telah bekerja keras kerja cerdas dan kerja ikhlas sehingga pelaksanaan kegiatan hari ini berjalan lancar dan tertib. 


Editor: Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved