-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar





Kamis, Agustus 18, 2022

Cegah Wabah PMK Satgas PMK Toraja Utara Putar Balik Mobil Pengangkut Ternak

Cegah Wabah PMK  Satgas PMK Toraja Utara Putar Balik Mobil Pengangkut Ternak

METRO ONLINE, TORUT - Sejumlah kendaraan jenis Pick Up yang mengangkut hewan ternak dengan tujuan masuk ke Kabupaten Toraja Utara, diputar balikkan ke daerah asalnya oleh Satgas PMK, Kamis (18/08/2022) pukul 06.00 wita. 

Penyekatan itu dilakukan, mengantisipasi meluasnya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang merupakan penyakit menular pada hewan ternak di Kabupaten Toraja Utara. 

Penyekatan tersebut dilakukan oleh Satgas PMK Kab. Toraja Utara dalam hal ini Polsek Sanggalangi Polres Toraja Utara, Dinas Pertanian Bidang Peternakan Kab. Toraja Utara, dan Sat Pol PP Kab. Toraja Utara di Pos Sekat Rantebua Lembang Rantebua Kec.Rantebua Kab.Toraja Utara. 

Penyekatan terhadap pengangkut hewan ternak yang akan keluar masuk Kabupaten Toraja Utara tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Sanggalangi IPTU Yos Sudarso M, S.H. 

Saat dikonfirmasi, Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso, S.I.K membenarkan hal tersebut dan mengatakan bahwa, Satgas PMK pada Pos Sekat Rantebua telah memutar balikkan tiga unit kendaraan roda empat jenis pick up yang memuat 60 ekor hewan ternak jenis babi. 

"Sebanyak 60 ekor babi tersebut berasal dari daerah Bastem Kabupaten Luwu yang akan masuk ke dalam wilayah Kabupaten Toraja Utara. Tiga unit kendaraan roda empat jenis pick up beserta 60 ekor babi tersebut diputar balikan atau dikembalikan ke tempat asal peternakannya", jelas Kapolres. 

Pulahan babi tersebut, diduga sengaja dikirim saat pagi buta, demi menghindari pemeriksaan petugas pada Pos Sekat Rantebua perbatasan Kabupaten Luwu - Kabupaten Toraja Utara. 

"Perlu diketahui, Satgas PMK terkhusus pihak Polres Toraja Utara akan tetap intens melakukan penyekatan pada Pos Sekat yang ada di setiap perbatasan demi mencegah meluasnya penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan", Tuturnya.



Kontributor : Asri 

Editor: Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved