-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar





Kamis, Agustus 12, 2021

Wakil ketua 1 DPRD Lingga meminta pihak Inspektorat audit anggaran desa Sebelum Pelantikan kepala desa terpilih

Wakil ketua 1 DPRD Lingga meminta pihak Inspektorat audit anggaran desa  Sebelum Pelantikan kepala desa terpilih

METRO ONLINE LINGGA - Pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Lingga telah sukses terselenggara pada, Sabtu (7/8/2021) lalu. Adapun beberapa wajah baru yang akan memimpin Desa untuk periode 2021 - 2027 mendatang.

Namun, dibalik kemenangan masih ada khawatiran bagi para calon Kepala Desa (Kades) terpilih terutama bukan Incumbent. Kekhawatiran itupun menjadi momok bagi para calon sebelum memimpin Desa masing - masing, salah satu terkait penggunaan anggaran sebelumnya.

Dari informasi yang didapati hasil monitoring ke Lapangan, para Calon kepala Desa terpilih terutama bukan petahana meminta pihak inspektorat Kabupaten Lingga untuk melakukan audit anggaran Desa sebelum pelantikan.

Bukan tak beralasan, kecil kemungkinan eks calon kepala desa aktif tidak terpilih yang  koperatif. Apalagi, jika ada niat tidak baik  untuk menghilangkan berkas administrasi selama menjalankan pemerintahan desa.

Permintaan itupun sontak terdengar oleh Wakil Ketua I DPRD Lingga, Aziz Martindaz. Dirinya berharap pihak Inspektorat agar memenuhi keinginan calon Kepala Desa untuk segera lakukan audit menyeluruh atas penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut terkait anggaran tahun 2021.

"Perlunya pihak Inspektorat agar melakukan audit terlebih dahulu, agar calon kepala Desa yang terpilih tidak punya beban dan tanggungjawab terhadap anggaran yang dikeluarkan diluar ketentuan peraturan perundang-undangan," kata Aziz, Rabu (11/09/2021).

Ia juga menghimbau, kepada masyarakat maupun calon agar tidak ada dendam politik lagi setelah Pilkades selesai. Jika ada yang perlu dibenahi dalam struktur pemerintahan, harus dilakukan secara proforsional dan profesional agar pelayanan kepemerintahan serta pelayanan kemasyarakatan tidak terganggu.

"Kita semua berharap dengan terpilihnya Kades baru di Lingga umumnya akan menjadi lebih baik lagi. Baik dalam eksistensi pemerintahan Desa, maupun dalam pelaksanaan pembangunan sesuai dengan anggaran yang telah di alokasikan," ucapnya.


Setelah itu, Aziz mengucapkan selamat kepada seluruh kepala Desa terpilih di Kabupaten Lingga. "semoga calon terpilih mampu mengemban amanah untuk berjuang dan melaksanakan pembangunan di desanya masing-masing," tutupnya.


Sumber:Rilis/ Effendi

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved