-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar

Sabtu, Desember 05, 2020

Pemdes Penuba Timur Lakukan Penyuluhan Pemanfaatan Lahan Pekarangan

Pemdes Penuba Timur Lakukan Penyuluhan Pemanfaatan Lahan Pekarangan

METRO ONLINE,LINGGA - Pemerintah Desa Penuba Timur lakukan kegiatan penyuluhan pemanfaatan lahan pekarangan untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Kegiatan di adakan di Aula Kantor Desa Penuba Timur Kecamatan Selayar Kabupaten Lingga, Sabtu (05/12/2020).

Kegiatan ini dibuka oleh Pjs Desa Penuba Timur Adnan dalam sambutannya menyampaikan kegiatan penyuluhan pemanfaatan lahan perkebunan untuk meningkatkan ekonomi keluarga dengan tujuan memberi pemahaman serta melatih kader PKK Desa dan ibu-ibu dalam meningkatkan ekonomi keluarga dan di masa covid-19 ini kita tetap mengikuti protokol kesehatan mencuci tangan dengan menggunakan masker, ujarnya.

Di tempat yang sama ketua BPD ilyas mengucapkan terima kasih kepada ibu-ibu PKK yang telah menjalankan suatu kegiatan yang tertuang dalam apbdes tahun 2020 ini satu demi satu telah berjalan dengan baik dan lancar itulah harapan kami selaku BPD.

Lanjut Ilyas, apapun kegiatan yang ada di Desa kita laksanakan dengan sebaik-baiknya dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang telah bersedia untuk datang hadir ke desa kami dalam memberikan ilmu pengetahuan yang akan disampaikan nanti dan semoga para penyuluh atau para peserta penyuluh yang dapat mengambil hikmah yang disampaikan nanti semoga bermanfaat buat Desa kita bersama, imbuhnya.

Di lanjutkan penyampaian materi dari tenaga ahli teknologi tepat guna dari kabupaten lingga, Zulkifli. Lanjut dengan narasumber kedua dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga Rahim.

Ia menyampaikan sedikit tentang pemanfaatan pekarangan rumah khususnya di daerah pesisir di daerah tepi laut seperti di Desa Penuba Timur ini kita bisa menggunakan berbagai macam wadah yang bisa kita manfaatkan jadi tak perlu terlalu modern tak perlu terlalu kita harus mengacu ke pertanian di tempat-tempat orang lain Jadi kita manfaatkan menanam sayur-sayuran di pekarangan rumah kita bisa menggunakan ember ember plastik bekas.

Itu bisa bertahan beberapa bulan kedepan jadi kalau misalnya namanya itu nanam yang sekala kecil di pemanfaatan pekarangan rumah cabe rawit daun bayam kangkung. 

Kita gunakan wadah-wadah yang bekas semua inilah konsep daripada yang di sampaikan Pak Zul tadi, tepat guna jadi kita memanfaatkan barang yang tersedia di sekitaran kita untuk kita manfaatkan kembali dari pada kita beli polybag.

Kita bisa mengunakan ember bekas yang tak digunakan kantong plastik itu masih bisa untuk kita manfaatkan sebagai media atau tempat bercocok tanam di pekarangan rumah kita.

Dalam teknis budidaya ada beberapa yang harus kita persiapkan yang pertama adalah memilih benih. Bibit seperti bibit sayur-sayuran ini bisa kita beli dan kita juga bisa memanfaatkan apayang ada di sekeliling kita untuk di jadikan bibit dan kita juga bisa membuat bibit yang tersedia di sekitaran kampung kita seperti tanaman obat-obatan seperti jahe kunyit lengkuas itu  itu saat kita belanja kepasar kita bisa menyisir kan satu ruas atau satu umbinya untuk ditanam di jadikan bibit.

Sesi terakhir kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan polibek,dan beberapa benih tanaman seperti polibek dan bibit cabe, kangkong, daun SOP, bayam dan sawi.

Kegiatan berjalan dengan lancar tetap mengikuti protokol kesehatan mencuci tangan dan menggunakan masker. (Pendy)

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved