-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar

Selasa, Agustus 04, 2020

Kasat Lantas Polres Pangkep Tegaskan Tidak Ada Pungli Pengurusan SIM

Kasat Lantas Polres Pangkep Tegaskan Tidak Ada Pungli Pengurusan SIM

Kasat Lantas Polres Pangkep AKP Mamat Rahmat.

METRO ONLINE,PANGKEP - Kepala Satuan Lalulintas Polres Pangkep, AKP Mamat Rahmat, menegaskan pengurusan surat izin mengemudi (SIM) di instansi tersebut bebas dari pungutan liar atau pungli.

"Tidak ada pungli selama proses pengurusan SIM," katanya saat dihubungi Metroonline via telpon, Selasa (4/8/2020).

Mamat mengemukakan hal itu terkait dengan pernyataan Koalisi Aktivis Makassar (KAM) adanya dugaan pungli di tubuh pengurusan SIM di Kabupaten Pangkep.

Menurutnya, pengurusan SIM tetap mengacu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak (PNPB).

"Kami tetap mempedomani apa yang diatur dan ditentukan PP Nomor 60 Tahun 2016, yang menyebutkan anatara lain setiap pemohon SIM wajib mematuhi syarat dan prosedur yang ada," katanya.

Selain membayar biaya admistrasi, lanjut dia, setiap pemohon SIM juga harus menjalani dua syarat, yaitu ujian teori dan praktek.

Setiap apel pagi maupun rapat Mamat selalu menekankan kepada anggotanya bahwa pelayanan kepada masyarakat di Satpas SIM tidak ada dan jangan ada penyimpangan sekecil apapun, penarikan biaya harus sesuai dengan PNPB.

"Sesuai perintah Kapolres juga atensi, saya selalu tekankan kepada anggota tidak ada penyimpangan dalam hal pelayanaan SIM," jelasnya.

Dirinya pun menyampaikan permohonan maaf apabila pelayanan di Satpas SIM belum maksimal.

"Saya selaku Kasat lantas bertanggung jawab atas segala kegiatan pelayanan SIM dengan selalu berusaha untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Pangkep,"

Diantaranya dengan membangun ruangan tunggu yang dulunya terbuka dan tidak ber AC. Sekarang sudah lebih bagus dari tahun sebelumnya.

"Dengan memakai anggaran pribadi saya.
Itu saya lakukan demi bagusnya pelayanan SIM di Pangkep," kuncinya. (M.Sain)

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved