-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Rabu, Desember 06, 2023

Menyambut Hari HAM Sedunia Ke 75, Lapas Kelas IIA Parepare Gelar Donor Darah Bekerjasama PMI Kota Parepare

Menyambut Hari HAM Sedunia Ke 75, Lapas Kelas IIA Parepare Gelar Donor Darah Bekerjasama PMI Kota Parepare


METRO ONLINE PAREPARE- HAM SEDUNIA 2023 jatuh pada tanggal 10 Desember. Peringatan ini berada di bawah PBB serta Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham RI). Parepare 06/12/23.

Diketahui, Hari HAM Sedunia atau Human Rights Day 2023 adalah peringatan ke-75 tahun. Berikut tema Hari HAM Sedunia 2023 hingga asal-usul peringatannya tanggal 10 Desember. Mengutip situs resmi PBB, Hari HAM Sedunia 2023 mengusung tema "Freedom, Equality and Justice for All" atau "Kebebasan, Kesetaraan dan Keadilan bagi Semua". 

Adapun menurut situs Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia, Tema Nasional Hari HAM 2023 adalah "Harmoni Dalam Keberagaman". Hari HAM Sedunia tahun ini berupaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang hak asasi manusia, terutama di kalangan generasi muda serta menginspirasi masyarakat untuk menciptakan gerakan kemanusiaan bersama sambil memberdayakan mereka untuk memperjuangkan dan melindungi hak-hak mereka. 

Bertempat di Lapas IIA Parepare dalam rangka menyambut Hari HAM SEDUNIA Ke-75 Tahun 2023 telah dilaksanakan kegiatan rutin Donor Darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Parepare berbagi kepada sesama manusia yang membutuhkan. 

Hal ini selaras dengan gerakan kemanusiaan. Donor darah dinilai sebagai kegiatan yang baik serta menyehatkan. Selain dapat membantu sesama dan menyelamatkan banyak nyawa, kegiatan donor darah juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Manfaat yang pertama dari kegiatan donor darah adalah dapat munurunkan resiko kanker. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh PLH. Kepala Lapas IIA Parepare Bahri, S.Sos, M.Si. Dalam keterangannya PLH. 

Kepala Lapas IIA Parepare menyampaikan bahwa kegiatan donor darah yang dilaksanakan hari ini merupakan kegiatan menyambut Hari HAM SEDUNIA Ke-75 Tahun 2023, disamping itu kegiatan ini rutin partisipasi sosial dan kepedulian terhadap sesama dalam membantu masyarakat yang membutuhkan darah. Donor darah sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah, mengurangi jumlah kolesterol jahat, meningkatkan produksi sel darah merah. 

Sebelum melakukan donor darah diharapkan seluruh peserta terlebih dulu mengisi formulir permohonan selanjutnya dilakukan observasi oleh petugas medis dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan wawancara kepada calon pendonor. Pemeriksanaan dilakukan petugas PMI dan diarahkan langsung oleh petugas kesehatan dari Lapas IIA Parepare. 

Adapun peserta kegiatan donor darah pada hari ini hanya dari petugas Lapas IIA Parepare dan Ibu Dharma Wanita Persatuan Lapas IIA Parepare dan masyarakat yang kebetulan mengunjungi keluarga di Lapas IIA Parepare. Penanggung jawab kegiatan Ramlah, SH, MH selaku staf Urusan Kepegawaian dan Keuangan menyampaikan hasil pelaksanaan kegiatan donor dalam rangka memperingati Hari HAM SEDUNIA Ke-75 Tahun 2023 mendapatkan 23 (Dua Puluh Tiga) kantong darah. Diharapkan kedepannya mendapatkan hasil yang lebih banyak lagi. 

Seluruh pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dan tertib serta tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH mengucapkan banyak terima dab memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran yang telah peduli dan perhatiannya untuk membantu sesama yang membutuhkan melalui donor darah pada hari ini. Lapas IIA Parepare terus berkomitmen meningkatkan mutu Pelayanan Publik Berbasis HAM dan mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.


Editor : Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved