-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar





Kamis, September 01, 2022

Desa Gentung Adakan Rangkaian Giat Sosialisasi Dan Penyerahan Pupuk

Desa Gentung Adakan Rangkaian Giat Sosialisasi Dan Penyerahan Pupuk

METRO ONLINE,PANGKEP-Pemerintah Desa Gentung melakukan serangkaian kegiatan yang dilangsungkan di Baruga Aula pertemuan kantor Desa Gentung Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep, pada Selasa 30 Agustus 2022.

Rangkaian kegiatan tersebut meliputi : Sosialisasi pemicuan kampanye 5 pilar ; Sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) dan Sosialisasi penggerakan tokoh masyarakat melakukan Germas, yang keduanya dalam wilayah Puskesmas Labakkang serta dirangkaikan pula dengan pemberian pemahaman dan penyerahan pupuk Hayati kepada perwakilan masyarakat petani/tambak.

Kegiatan ini diikuti oleh para petugas pelaku di bidang kesehatan masyarakat Penyuluh pertanian, para petani/tambak, tokoh masyarakat, Para staf, aparat dan perangkat Pemerintah desa. Dengan difasilitasi oleh Kepala Desa Gentung Hj. Kamariah bersama jajaran, dan bertindak sebagai narasumber pemateri para personil petugas dari Puskesmas Labakkang Muhammad Yusuf, Lamuddin, Hasriani Rajab Fattah, serta Nur Azizah Penyuluh Pertanian Desa Gentung.

Kades Gentung Hj. Kamariah dalam sambutannya menyampaikan pada intinya berharap agar kegiatan sosialisasi ini dapat memicu keaktifan seluruh masyarakat utamanya di bidang kesehatan, pertanian dan perikanan untuk semakin meningkatkan kesejahteraan mereka.

Kades Hj. Kamariah menghimbau kepada seluruh masyarakat kiranya dapat benar-benar mensosialisasikan dan memasyarakatkan serta menerapkan di dalam kehidupannya sehari-hari apa yang didapat dari kegiatan hari ini.

Oleh para pemateri dan narasumber dari Puskesmas Labakkang Hasriani Rajab Fattah CS yang secara bergantian memaparkan bahwa STBM adalah satu Program Nasional di bidang sanitasi yang bersifat lintas sektoral.

Program ini telah dicanangkan pada bulan Agustus 2008 oleh Menteri Kesehatan RI. STBM merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Strategi Nasional STBM diatur pada Kepmenkes No 3 tahun 2014.

Strategi ini menjadi acuan bagi petugas kesehatan dan instansi yang terkait dalam penyusunan, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi terkait dengan sanitasi total berbasis masyarakat.

Secara rinci yang dipermantap lewat dialog apa arti, maksud dan tujuan indikator output-nya yang meliputi 5 pilar STBM yaitu sebagai berikut : Tidak BAB sembarangan (Stop BABS), Mencuci tangan pakai sabun (CTPS), Mengelola air minum dan makanan rumah tangga yang aman, Pengamanan sampah rumah tangga dengan benar, Pengamanan limbah cair rumah tangga dengan aman.

Kegiatan yang berlangsung dengan tertib aman dan dan lancar sesuai harapan ini di lengkapi dengan pemataran tentang wawasan pertanian dan perikanan dilanjutkan dengan penyerahan pupuk Hayati kepada para petani/tambak oleh Penyuluh Pertanian Nur Azizah bersama Kades Gentung Hj. Kamariah.


Thiar

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved