-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Sabtu, Juli 30, 2022

Kemenkominfo dan GNLD Bekerjasama PC PMII Makassar Melaksanakan Seminar Literasi Digital

Kemenkominfo dan GNLD Bekerjasama PC PMII Makassar Melaksanakan Seminar Literasi Digital

METRO ONLINE, MAKASSAR - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi (GNLD) bekerjasama dengan PC PMII Makassar melaksanakan kegiatan Seminar Literasi Digital dengan tema Generasi Hebat menuju Indonesia Cakap Digital di Aula Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia. Jum'at (29/07/2022) secara Hybrid. 

Kegiatan Kolaborasi Kemkominfo & GNLD Siberkreasi bersama PC PMII Makassar bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan literasi digital masyarakat khususnya untuk para Organisasi Kepemudaan dan Komunitas di Kota Makassar agar bijak dan bertanggungjawab menggunakan internet. 

Ketua Panitia pelaksana, Jalaluddin Al munir mengatakan, perkembangan media digital begitu pesat. Maka dengan itu kita perlu mendukung Kemkominfo dan Siberkreasi dalam memberikan edukasi serta pemahaman kepada masyarakat terhadap media digital sehingga semua kalangan masyarakat tidak gagal paham atau mengetahui penyalahgunaan yang berdampak negatif terhadap kehidupan pribadi dan sosial.

Kata dia, kehadiran media sosial menjadi bagian perkembangan internet dan kehidupan masyarakat di kehidupan sosial. 

“Untuk itu, diperlukan keterlibatan beberapa stakeholder  seperti OKP dan Komunitas untuk terlibat langsung bersama Kemkominfo dan GNLD Siberkreasi untuk senantiasa mensosialisasikan dan memberi edukasi pada penggunaan media sosial di berbagai kalangan, baik anak-anak, remaja dan orang dewasa sekalipun, guna menghindari penyalahgunaan dan menghindari banyaknya propaganda negatif dan berita hoax yang beredar di media sosial,” ujarnya. 

Hal senada juga disampaikan oleh ketua PC. PMII MAKASSAR Ma'ruf pangewa dalam sambutannya mengatakan, Dengan adanya gebrakan baru dari Kemkominfo & GNLD Siberkreasi atas di laksanakannya Literasi Digital ini adalah langkah yang tepat. 

"Ini langkah yang tepat juga solutif untuk memberikan pemahaman kepada setiap kalangan yang ada di masyarakat bahwa dengan perkembangan teknologi yang kian  semakin pesat maka kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi perkembangan media di era 4.0 menuju 5.0", Ujarnya. 

Kegiatan ini menghadirkan Empat Narasumber yang kompeten dalam bidangnya. Sesuai dengan 4 pilar Literasi Digital yaitu Digital Safety, Digital Culture, Digital Skill dan Digital Ethics. Maka Literasi Digital yang dilaksanakan bersama Kemkominfo dan GNLD Siberkreasi dihadiri oleh beberapa Narasumber antara lainnya Kapolrestabes Makassar yang diwakili oleh Kasubnit Polmas Restabes IPTU. Abd Syukur yang membahas terkait Aman Bermedia Sosial. 

Ketua PC GP Ansor Kota Makassar Muhammad Rizal Burahmat yang membahas terkait Budaya Bermedia Sosial, Kabid APTIKA Diskominfo Kota Makassar Dr. Jusman.,S.Kel.,M.Si yang membahas terkait Etika Bermedia Sosial dan Salmia Syarifuddin, S.S.,M.Pd sebagai Akademisi & Pegiat Literasi yang membahas Cakap Bermedia Sosial. ( Ilham)


Editor: Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved