-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Rabu, Maret 30, 2022

Antisipasi Kerawanan Wilayah, Kapolres Enrekang Pimpin Pelatihan Dalmas Polres Enrekang

Antisipasi Kerawanan Wilayah, Kapolres Enrekang Pimpin Pelatihan Dalmas Polres Enrekang

METRO ONLINE,ENREKANG -- Kepolisia Resor (Polres) Enrekang melaksanakan kegiatan pengecekan dan pelatihan personel Pengendalian Massa (Dalmas). Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebugaran dan memelihara stamina serta fisik anggota Polres Enrekang.

“Dari kegiatan ini kita harap dapat mendukung terlaksananya tugas-tugas kepolisian dengan baik dan profesional,” ungkap Kapolres Enrekang AKBP Arief Doddy Suryawan.

AKBP Arief Doddy Suryawan mengemukakan, kegiatan itu sekaligus sebagai bentuk kesiapan anggota dalam menghadapi kemungkinan situasi yang terjadi di wilayah hukum Polres Enrekang.

"Latihan ini rutin dan terus ditingkatkan setiap waktunya. Hal ini diharapkan agar Anggota selalu siap siaga setiap saat, sehingga bilamana dibutuhkan dalam keadaan mendesak Anggota sudah sangat siap dan sigap menghadapi di Lapangan," jelasnya.

Ia berharap, kegiatan ini tidak hanya jadi rutinitas saja, namun benar-benar dari masing-masing Anggota harus menguasai, karena situasi di lapangan tidak seindah pada saat latihan. Dimana dalam latihan semua ada dalam kontrol, namun pada saat menangani Massa yang sesungguhnya fluktuasi psikologi Massa bisa berubah sepersekian Detik.

"Pelatihan ini benar-benar harus dipahami dan dimengerti, utamanya perihal penggunaan kekuatan. Jangan sampai terjadi penggunaan kekuatan yang berlebihan, kekerasan eksesif, abuse of power, maka dari itu pahami antara kekuatan yg digunakan dengan ancaman yg dihadapi," ujar AKBP Arief Doddy Suryawan.

Arief Doddy Suryawan menambahkan, kegiatan seperti ini baiknya dilakukan berjenjang secara rutin karena skill itu harus dipelihara dan rutin dilatih. Mungkin situasi di Kecamatan dinamikanya tidak seperti yang kita bersama hadapi atau dalam pelatihan, walaupun situasi Kamtibmasnya relatif kondusif kita tetap harus siap siaga.

"Kita harus siap dalam situasi dan kondisi bahkan yang terburuk sekalipun. Semoga latihan ini bisa menjadi bekal. Pahami, supaya nanti pada saat di lapangan yang sesungguhnya kita tidak salah dalam mengambil tindakan," jelasnya.


Editor : Muh Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved