-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Senin, Februari 26, 2024

Manfaatkan Lahan Perkebunan Sebagai Sarana Pembinaan Kemandirian, Para WBP Antusias Dalam Berkebun

Manfaatkan Lahan Perkebunan Sebagai Sarana Pembinaan Kemandirian, Para WBP Antusias Dalam Berkebun

METRO ONLINE Tolitoli – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tolitoli terus memberikan kesempatan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk mengembangkan diri.

Salah satu bentuk Pembinaan yang digiatkan oleh Lapas Tolitoli untuk WBP ialah kegiatan berkebun di lahan perkebunan Lapas Tolitoli, Senin (26/2/24).

Pada kesempatan ini kegiatan berkebun diawasi langsung oleh Kepala Seksi Pembinaan Anak Didik dan Kegiatan Kerja, Feldianto dan Staff Pembinaan.

“Saya ingin selalu memberikan arahan, pembimbingan dan pendampingan kepada warga binaan baik sebelum maupun sesudah melaksanakan kegiatan pembinaan,” Ucap Feldianto.

Kegiatan pembinaan ini dilakukan dalam rangka mengembangkan diri WBP sebagai bentuk untuk persiapan diri ketika kembali berbaur dengan masyarakat nanti.

Tidak hanya berkebun, WBP juga melakukan pengolahan pupuk kompos dan melakukan perawatan kepada tanaman, salah satu contohnya tanaman sayur mayur.

Ada pun dalam proses perawatan tanaman ini seperti pencabutan tanaman-tanaman kecil di sekitar yang dikhawatirkan dapat menganggu pertumbuhannya. Lalu, dilanjutkan dengan penyiraman dan pemberian pupuk apabila diperlukan.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Tolitoli, Muhammad Ishak menyampaikan apresiasinya terhadap jalannya kegiatan berkebun WBP ini.

“Ini menjadi salah satu kegiatan rekreasi dan edukasi bagi warga binaan yang juga merupakan salah satu dari program pembinaan kemandirian diLapas Tolitoli, Mereka akan tetap produktif walaupun sedang dalam menjalani masa pidananya disini,” Ucap Muhammad Ishak.

Selain itu, Muhammad Ishak juga berharap kedepannya kegiatan ini dapat terus ditingkatkan guna menambah wawasan dan keahlian terutama dibidang pertanian bagi semua WBP di Lapas Tolitoli dengan bekerja sama Dinas terkait.


Editor : Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved