-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Selasa, Mei 09, 2023

Lapas Kelas IIA Palopo Gelar Pelatihan Kemandirian Keterampilan Bersertifikat Bagi WBP

Lapas Kelas IIA Palopo Gelar Pelatihan Kemandirian Keterampilan Bersertifikat Bagi WBP

METRO ONLINE, PAREPARE - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palopo Kanwil Kemenkumham Sulsel menggelar kegiatan pembukaan Pelatihan berbasis kompetensi Bersertifikat yang bekerja sama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Pangkajene dan Kepulauan untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Selasa (09/05/2023).

Pembukaan Pelatihan Keterampilan Kemandirian Bersertifikat ini adalah pelatihan berbasis Kompetensi Tailor Made Training bidang kejuruan teknik otomotif berupa Pelatihan Service sepeda motor injeksi Bagi Warga Binaan (WBP). Kegiatan berlangsung di Aula Lantai 2 Lapas Kelas IIA Palopo. 

Acara ditandai dengan penadatanganan perjanjian kerjasama antara kedua belah pihak dan penyematan kartu tanda peserta pelatihan.

Pembukaan pelatihan dihadiri oleh Kalapas Palopo yang diwakili oleh Kasi Giatja (Ardhi Mahardhika) dan Binadik, Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktifitas Pangkajene dan Kepulauan (Sudarsono, S.E) beserta jajaran, Para Pejabat Struktural, JFT, JFU, dan 16 Warga Binaan Pemasyarakatan ( WBP ) dan secara resmi pelatihan dimulai 20 hari kedepan (selama 100 JPL) dengan program yang sudah terjadwal. 

Kepala Lapas Kelas IIA Palopo (Jhonny H Gultom) mengatakan bahwa kerjasama pelatihan ini adalah dalam rangka mewujudkan pembinaan kemandirian bagi warga binaan agar mereka mempunyai keahlian/keterampilan (life skill) sehingga bisa diterapkan ketika di masyarakat nanti. 

Dalam kesempatan ini pula, beliau berpesan kepada para peserta agar memanfaatkan pelatihan dengan semaksimal mungkin dan benar-benar menyerap ilmu yang diberikan para instruktur dengan baik.

“Lembaga pemasyarakatan sebagai salah satu wadah pembinaan narapidana juga berfungsi sebagai lembaga pendidikan yang dapat meningkatkan nilai tambah bagi narapidana dengan memberikan program pembinaan kerohanian dan kemandirian, berupa pelatihan berbagai keterampilan dan bimbingan kerohanian sebagai bekal bagi narapidana untuk kembali ke masyarakat", Ujarnya.

"Hal ini Agar terjadi perubahan yang signifikan baik dari sikap maupun tingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat maka perlu dilakukan pembinaan kemandirian berupa pelatihan keterampilan, pelatihan kerja mandiri.” Kata Jhonny.


Editor: Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved