-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Kamis, Mei 04, 2023

Kalapas Kelas IIA Palopo Hadiri Panen Raya Sarana Asimilasi Edukasi Tanaman Jagung

Kalapas Kelas IIA Palopo Hadiri Panen Raya Sarana Asimilasi Edukasi Tanaman Jagung

METRO ONLINE, PALOPO - Lapas Kelas IIA Palopo bersama dengan penyuluh pertanian dari Kota Palopo mengadakan panen raya Sarana Asimilasi Edukasi (SAE) tanaman jagung. 

Kegiatan ini diadakan di area lapas dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada narapidana dan membantu menciptakan ketahanan pangan.

Kepala Lapas Kelas IIA Palopo, Jhonny h. Gultom, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya lapas untuk memberikan pembelajaran kepada para narapidana.

"Kami ingin memberikan edukasi kepada narapidana tentang cara bercocok tanam dan memanfaatkan lahan kosong yang ada di lapas dan sebagai bekal kelak saat warga binaan kembali ke masyarakat." ujarnya, Kamis (4/5/2023).

Dalam kegiatan tersebut, para narapidana yang telah terlibat dalam program SAE bekerja sama dengan penyuluh pertanian kota palopo untuk merawat tanaman jagung tersebut. Setelah kurang lebih 3 bulan merawat tanaman, akhirnya tiba saatnya untuk melakukan panen raya.

Panen raya ini dihadiri oleh Kalapas Palopo, Jhonny H Gultom, Pejabat Struktural, Penyuluh Pertanian Balai Pertanian Kota Palopo, Rusmini, S.P, Staff Kegiatan Kerja serta Warga binaan yang mengikuti program asimilasi. Para narapidana sangat antusias dalam melakukan panen raya tanaman jagung.

Jhonny H.Gultom mengatakan bahwa jagung hasil panen tersebut akan dimanfaatkan sebagai bahan makanan bagi para narapidana di lapas. Selain itu, hasil panen juga akan disuplai ke pasar lokal sebagai upaya untuk memberikan manfaat ekonomi dan sebagai pendapatan negara diluar pajak.

Kegiatan panen raya ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para narapidana dalam hal pembelajaran dan memberikan kontribusi dalam menciptakan ketahanan pangan nasional. 

"Kita berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat," tutup Jhonny

Penyuluh Pertanian Kota Palopo, Rusmini,S.P Mengatakan bahwa Pihaknya dan Lapas Palopo Telah menjalin Mou dengan memanfaatkan lahan yang ada guna melaksanakan pembinaan kemandirian kepada warga binaan dan berharap kegiatan ini akan terus digelakkan. 


Editor: Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved