-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Sabtu, Oktober 01, 2022

Tingkatkan Rasa Patriotisme, Karutan Kelas II B Sinjai Gelar Upacara Kesaktian Pancasila

Tingkatkan Rasa Patriotisme, Karutan Kelas II B Sinjai Gelar Upacara Kesaktian Pancasila

METRO ONLINE, SINJAI - Karutan Sinjai kanwil Kemenkumham Sulsel Muhammad Ishak bertindak selaku inspektur upacara yang  diikuti oleh pejabat struktural, pejabat fungsional, pegawai, CPNS, dan warga binaan pemasyarakatan Rutan Sinjai, di lapangan Rutan Sinjai mulai pukul 08.00 Wita sampai dengan selesai. 

Upacara kali ini mengangkat tema Bangkit bergerak bersama pancasila Hari kesaktian pancasila mengandung makna yang mendalam dan luhur untuk meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme serta mengembalikan dasar negara yaitu pancasila dan undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945. 

Muhammad Ishak dalam amanatnya mengingatkan kembali bahwa diperingatinya Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober disebabkan oleh sejarah pada 30 September 1965. Di mana pada saat itu ada peristiwa pemberontakan dan usaha perebutan kekuasaan yang digawangi oleh PKI untuk mengubah ideologi bangsa Indonesa Pancasila menjadi berideologi Komunis. 

Tetapi perlawanan yang diusahakan oleh PKI tersebut tidak berhasil. Pancasila mempunyai kesaktian dan kesakralan yang tak bisa digantikan oleh paham apapun. Sehingga Pancasila tak bisa dirusak bahkan dirubah oleh pihak PKI pada saat itu. Karena Kesaktian dan kesakralan Pancasila itulah jadi diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober. 

Selain itu Muhammad Ishak juga mengajak seluruh jajaran Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sinjai untuk menerapkan dan mengaktualisasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

"Hari kesaktian pancasila diperingati untuk mengenang bahwa bangsa kita pernah mengalami masa - masa kelam dan diselamatkan oleh ideologi pancasila untuk itu marilah kita bersama-sama menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, "Pungkasnya.


Editor : Muh. Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved