-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Kamis, Februari 18, 2021

Jaringan Aktivis Mahasiswa Indonesia Gelar Aksi Demo di 5 Kantor Dines Di Pinrang

Jaringan Aktivis Mahasiswa Indonesia Gelar Aksi Demo di 5 Kantor Dines Di Pinrang

METRO ONLINE️, PINRANG-- Aksi demo yang di lakukan oleh Jaksa Indonesia digelar di lima OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan Rabu 17/2/2021.  

Dalam aksi demo tersebut Jaksa Indonesia menyampaikan orasi di depan  kantor. Dinas Kesehatan Kabupaten  Pinrang jalan Sukawati.

Kemudian dilanjutkan di Kantor Dinas Sosial, Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,lalu menuju ke Kantor Dinas PSDA yang beralamat di jalan Gatot Subroto Pinrang. 

Kelompok mahasiswa yang menyatakan dirinya Jaksa Indonesia (Jaringan Aktivis Mahasiswa Indonesia) yang berjumlah kurang lebih 50 orang ini melanjutkan aksinya ke Kantor Bupati Pinrang lalu menuju ke Polres Pinrang.    

                    

Dalam orasinya didepan Kantor Dinas  Kesehatan Kabupaten Pinrang jalan Sukawati para peserta demo menyampaikan poin poin temuan BPK RI tahun 2019. Salah satunya adalah LPJ Puskesmas Leppangang Kecamatan Patampanua yang bermasalah.  

Kemudian peserta aksi demo menuju Kantor Dinas Sosial Pinrang.Didepan Kantor Dinas Sosial Pinrang mereka menyampaikan temuannya yaitu terkait BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) yang menurutnya ada dugaan korupsi dan juga ada dugaan persekongkolan antara pihak suplayer dan pihak Dinas Sosial sehingga masyarakat hanya menerima bantuan seadanya.Di Kantor Dinas Sosial tak satupun personilnya yang memberikan tanggapan atau klarifikasi.    

Selanjutnya kelompok Mahasiswa ini menuju ke Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan jalan Gatot Subroto Pinrang 

Dalam orasinya mahasiswa menyampaikan dugaan adanya kelebihan anggaran dana BOS sebesar Rp 1,776 M. "Kami punya data dan kami punya bukti dari hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan" Kata salah satu orator. 

Didepan massa aksi mahasiswa tersebut disambut oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Muzakkir Spd Mpd.

Muzakkir menyampaikan informasi dan klarifikasi dihadapan aksi demo terkait dengan temuan BPK tahun 2019 mengenai dana BOS . Dia menyebutkan bahwa BOS afirmasi dan kinerja itu keluar pada akhir tahun  sementara anggaran perubahan APBD 

Kabupaten Pinrang disahkan oleh DPRD pada bulan Agustus. Jadi bukan hanya di Kabupaten Pinrang tetapi semua Kabupaten yang ada di seluruh Indonesia pasti ada selisih,karena dana Bos afirmasi dan kinerja ini merupakan dana bantuan DAK non fisik dari APBN yang di transfer langsung oleh Kementerian Pendidikan ke rekening sekolah,akan tetapi dijabarkan melalui peraturan bupati disebabkan oleh

pengesahan anggaran perubahan oleh DPRD pada bulan Agustus.jadi apa yang disampaikan tadi  oleh adik adik mahasiswa itu sangat betul sekali,tegas Muzakkir.                   

Setelah aksi demo selesai di Kantor Dinas Dikbud,selanjutnya peserta aksi menuju ke Kantor Dinas PSDA. Dalam orasinya mereka menyampaikan hasil temuan dari BPK terkait adanya empat proyek irigasi tahun pekerjaan 2019 yang volume pekerjaannya ditemukan berkurang sehingga harus dilakukan pengembalian uang negara.                 

Kepala Dinas PSDA Kabupaten Pinrang M.Jenal Jabir menyambut aksi demo di luar halaman  kantor  Dinas PSDA Pinrang.Dalam penjelasannya didepan para peserta aksi,      Jenal mengatakan bahwa hasil temuan BPK ini yaitu pekerjaan irigasi salo Dewata sudah dilakukan pengembalian sebanyak 180 juta dari pagu anggaran 700 juta dan bukti setorannya ada. selanjutnya pekerjaan di Parigi juga ada pengembalian sebanyak 34 juta,lalu Palonga 87 juta serta terakhir Labuangnge sebanyak 3 juta,ini semua sudah di kembalikan,tegas Jenal.

Setelah aksi Jaksa Indonesia ini berakhir di PSDA selanjutnya menuju ke Kantor Bupati Pinrang untuk melakukan aksinya di Kantor BKUD yang terletak di kompleks Kantor Bupati Pinrang,namun peserta aksi hanya sampai di pintu masuk Kantor Bupati Pinrang dan diterima oleh Kepala Badan Kesbangpol Abd Rahman Usman.    

      

Jaksa  Indonesia menyampaikan orasinya  mengenai adanya temuan BPK tahun 2019   tentang dana hibah sebesar 563 juta rupiah yang tidak ada pertanggung jawabannya dan  adanya sebanyak 74 kendaraan dinas yang belum dikembalikan. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Pinrang menyampaikan permintaan maaf, karena Bapak Bupati sedang berada di Makassar untuk mengundang Bapak Gubernur datang menghadiri perayaan hari jadi Kabupaten Pinrang.                       

Abd Rahman Usman menegaskan bahwa kami mengapresiasi apa yang di suarakan oleh adik adik mahasiswa  Dan Insya Allah aparat sipil negara Kabupaten Pinrang dibawah pimpinan H Irwan Hamid akan siap mempertanggung jawabkan semua perbuatan baik di depan hukum maupun di depan Tuhan Yang Maha Esa. tegas Kaban Kesbangpol Pinrang                   

Ketua Umum Pengurus Besar Jaksa Indonesia Abd .Rahman mengatakan dalam orasinya bahwa pergerakan aksi ini adalah murni  dari teman teman mahasiswa yang tidak di intervensi oleh siapa siapa walaupun selama ini kami sering di ancam  dan di teror melalui telpon,tetapi kami tidak takut karena ini adalah demi kepentingan dari masyarakat Pinrang pada khususnya"kunci Rahman.                     

Setelah  aksi demo selesai di depan Kantor Bupati Pinrang selanjutnya para mahasiswa menuju ke Polres Pinrang untuk melakukan pelaporan secara lisan yang sebelumnya sudah di laporkan di Polda Sulsel Makassar.

Ditemui secara  terpisah Ketua LSM Kompak Muh Sinrang Rais SH mengatakan bahwa mahasiswa  ini sangat perlu mendapat apresiasi dari semua unsur elemen yang ada dan harus mendapat atensi yang serius dari aparat penegak hukum. 

Lanjut Sinrang Rais mengatakan bahwa kepada semua aparat penyelenggara negara khususnya yang ada di Kabupaten Pinrang agar keberadaan mahasiswa ini jangan di jadikan sebagai virus tetapi jadikanlah sebagai motivator semangat kerja agar Pinrang kedepannya dapat lebih baik dan terbebas dari Korupsi"Kunci Sinrang Rais.,(**)

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved