-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar

Sabtu, Mei 09, 2020

Ikuti Anjuran Mentan, Petani Lingga Percepat Penanaman Padi

Ikuti Anjuran Mentan, Petani Lingga Percepat Penanaman Padi

METRO ONLINE, LINGGA - Para petani di wilayah Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) mengikuti anjuran Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo agar melakukan percepatan penanaman padi.

Sebab, berdasarkan prakiraan kondisi iklim dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah Kepulauan Riau, diperediksi akan mengalami musim kemarau lebih kering dari normalnya.

"Sesuai arahan pak Menteri, kita percepat penanaman. Selain untuk menjaga ketersediaan pangan bagi masyarakat, juga sebagai antisipasi masuknya musim kemarau," ungkap Bupati Lingga, Alias Wello, Sabtu (9/5/2020).

Menurut Awe, sapaan akrab Bupati Lingga itu, sedikitnya ada empat desa di Lingga yang sudah melaporkan percepatan penanaman padi. Keempatnya, masing-masing Desa Sungai Besar, Bukit Langkap, Kerandin dan Lanjut.

"Saya dapat laporan dari petani di Desa Sungai Besar, usia padinya sudah tiga minggu. Di desa lainnya juga hampir sama. Saya minta penyuluh pertanian terus monitor kebutuhan sarana produksi petani," katanya.
Orang nomor satu di bumi "Bunda Tanah Melayu" itu, mengaku sudah menginstruksikan kepada Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk menyiapkan seluruh kebutuhan petani di tengah pembatasan sosial antisipasi penyebaran Covid-19.

"Semua kebutuhannya dibantu fasilitasi. Bagi petani yang produktivitasnya tinggi, berikan mereka reward. Yang kesulitan pembiayaan, dorong mereka menggunakan fasilitas KUR pertanian," jelasnya.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Suwandi mengapresiasi kerja keras para petani di Kabupaten Lingga. Meski baru empat tahun mengenal padi dan sawah, tapi semangatnya luar biasa.

"Bila ada kendala dalam penyediaan benih, Alsintan dan lainnya segera laporkan ke kami. Termasuk KUR, tolong didorong di daerah agar petani, dapat terjangkau fasilitas pembiayaan melalui KUR pertanian," katanya.


Kasubag Humas Pemkab Lingga/pendy

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved