-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Rabu, Februari 21, 2024

Kalapas IIA Parepare Pantau Langsung Giat Sosialisasi Dan VCT HIV AIDS Kepada WBK Bekerjasama Dengan Puskesmas Lompoe

Kalapas IIA Parepare Pantau Langsung Giat Sosialisasi Dan VCT HIV AIDS Kepada WBK Bekerjasama Dengan Puskesmas Lompoe

METRO ONLINE PAREPARE- Bertempat  Lapas IIA Parepare telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Terhadap HIV AIDS   dan Voluntary Counseling And Testing (VCT) HIV AIDS kepada Warga Binaan sebanyak 100 Orang dengan rincian 14 orang Warga Binaan Perempuan dan 86 orang Warga Binaan Pria. Kegiatan ini dilaksanakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama dengan Puskesmas Lompoe Kota Parepare.21/02/24. 

Sosialisasi dan penyuluhan pencegahan HIV AIDS dilaksanakan oleh LSM Yayasan Mitra Husada Parepare dengan narasumber Muh. Ichram Saputra, S.Pd. Pencegahan Penularan HIV AIDS di Lapas IIA Parepare terus diupayakan sebagai langkah deteksi dini terjadinya penularan dilingkungan Lapas. Sosialisasi ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada Warga Binaan, khususnya tentang risiko penyakit HIV AIDS maupun lMS lainnya. Harapannya kegiatan ini memberikan manfaat bagi Warga Binaan saat berada di Lapas maupun ketika bebas nanti. Hal ini diimplementasikan Lapas IIA Parepare dengan pemeriksaan kesehatan dan Mobile VCT.

Kegiatan Mobile VCT dan Pemeriksaan Cek Kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan ini diselenggarakan bekerjasama dengan Puskesmas Lompoe Kota Parepare. Sebanyak 100 orang WBP mengikuti Pemeriksaan Kesehatan dan Mobile VCT. Kegiatan pemeriksaan ini dibantu oleh Dokter dan Perawat Lapas Kelas IIA Parepare.

Tim nakes dari Puskesmas Lompoe Kota Parepare:

A. Panggung jawab program : Jumriani, S. Kep., Ns

B. Dokter pkm. Lompo'e (Dokter PDP) dr. Nazliawati Yusran,

C. Pelaksana program : 

1. Era Haryati. S. Tr. Keb,

2. Sevtia Anggeriani, S. ST (Laboratorium pkm. Lompo'e),

3. Erni Gaffar, Amd. Kep.

Tim nakes dari Lapas IIA Parepare:

1. dr. Zulkifli Damis,

2. Sarini, Amd.Kep, Ns,

3. Wildaria Amir, Amd.Kep, Ns,

4. Rafika Sukri, Amd.Kep, Ns, 

Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH didampingi oleh Kepala Seksi Bimnadik Muchamad Zaenal Fanani S.Sos.,M.M, Dedy Sutaryadi R, Amd.IP, SH, MH Selaku Ka KPLP, Kasubsi Bimkemaswat Nur Alim Syah, SH dan Simung, S.Ag, MM memantau langsung jalannya kegiatan program Mobile VCT HIV AIDS.  Voluntary Counselling And Testing (VCT) adalah layanan konseling dan tes HIV yang dilakukan secara sukarela. Layanan ini bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan, dan pengobatan bagi orang dengan HIV AIDS (ODHA). Pemeriksaan ini dilaksanakan di Lapas bertujuan untuk mendeteksi sedini mungkin risiko terkena HIV AIDS dan meningkatkan langkah pencegahan dan pengendalian HIV AIDS bagi WBP didalam Lapas IIA Parepare.

Kepala Lapas IIA Parepare menyambut baik dengan adanya kegiatan ini dan mengucapkan terimakasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah Kota Parepare melalui Dinas Kesehatan Kota Parepare dan Puskesmas Lompoe Kota Parepare atas kerja samanya membantu proses kegiatan program Mobile VCT HIV AIDS bagi Warga Binaan yang saat ini sedang menjalani masa pidananya di Lapas IIA Parepare.


Editor : Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved