-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar

Kamis, Februari 08, 2024

Anggota PIPAS Lapas Parepare Turut Hadiri Rangkaian HUT PIPAS Ke-20 Tahun 2024 Dan Pemberian Tali Asih Kepada Warga Binaan LPP Sungguminasa

Anggota PIPAS Lapas Parepare Turut Hadiri Rangkaian HUT PIPAS Ke-20 Tahun 2024 Dan Pemberian Tali Asih Kepada Warga Binaan LPP Sungguminasa

METRO ONLINE Makassar-- Rangkaian peringatan ulang tahun Paguyuban Ibu - ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Ke - 20 Tahun 2024, Pengurus PIPAS Pusat yang dipimpin Penasehat Utama PIPAS, Anna Reynhard lakukan kunjungan kasih ke Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA Sungguminasa, Selasa, 06 Februari 2024.

Dalam kunjungan kasih ini pengurus PIPAS Pusat menyerahkan bantuan berupa mesin jahit, mesin neci, mixer roti, dan lemari profer (Pengembang roti). Selain itu, pemberian cenderamata Penasehat PIPAS Daerah dan Kalapas Perempuan Kelas II A Sungguminasa kepada Penasehat Utama PIPAS Pusat.
Anna Reynhard pada Kesempatan yang berbahagia ini menyampaikan bahwa salah satu tujuan dari penyelenggaraan Pemasyarakatan adalah meningkatkan kualitas kepribadian dan kemandirian dari Warga Binaan agar dapat menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan keluarga dan masyarakat serta dapat hidup secara wajar sebagai Warga Negara yang baik, taat hukum, bertanggungjawab dan aktif berperan dalam pembangunan juga menjadi manusia yang bermanfaat untuk dirinya maupun orang lain. Menurut Anna untuk mencapai tujuan tersebut salah satunya dilakukan melalui program-program Pembinaan.

"Pembinaan ini diharapkan tidak hanya mengisi waktu luang saja, namun dapat memberikan bekal bagi Warga Binaan setelah selesai menjalani masa pidana. Bekal tersebut dapat digunakan, bermanfaat dan menjadi modal untuk kembali menjadi Warga Negara yang baik," tegas Anna Reynhard.

Ia melanjutkan bahwa PIPAS merupakan bagian dari keluarga besar Pemasyarakatan sehingga memiliki rasa tanggungjawab untuk ambil bagian dalam upaya meningkatkan kualitas kepribadian dan kemandirian Warga Binaan yang masih menjalani pidana.

Menyadari hal tersebut pada momentum ulang tahun PIPAS yang Ke-20 Tahun 2024 sekaligus menyonsong peringatan hari bhakti Pemasyarakatan Ke-60 maka diadakan kunjungan kasih yang sasarannya adalah Warga Binaan Perempuan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan seluruh Indonesia.

"LPP Sungguminasa menjadi salah satu tempat dilaksanakannya kunjungan kasih ini. Hal ini untuk menunjukkan bahwa keberadaan PIPAS Pusat bukan hanya Kegiatan untuk daerah DKI saja namun menjangkau seluruh Indonesia sehingga mampu mendukung kemajuan Pemasyarakatan," terang Anna.

Anna berharap semoga tali kasih yang diberikan dapat memberikan manfaat yang sebesar - besarnya bagi Warga Binaan LPP Sungguminasa dan dapat memberikan Keterampilan baru yang memperhatikan kearifan lokal.

Ia juga meminta para petugas untuk dapat terus memotivasi Warga Binaan untuk senantiasa kreatif dan produktif.  Sesuai dengan tema “PIPAS Berdikari Berperan Aktif Meningkatkan Potensi Keluarga yang Tangguh, Kreatif, Produktif untuk Pemasyarakatan Maju”, tema itu pun diharapkan menjadi pendorong semangat seluruh jajaran PIPAS dalam menunaikan tugas dan fungsinya.

Karena Anna percaya, meskipun mereka berada dalam waktu dan ruang yang terbatas, para Warga Binaan ini memiliki kreatifitas yang tidak terbatas.

Lebih lanjut Anna mengatakan bahwa peran kita sebagai istri anggota Pemasyarakatan sebagai alarm alaminya para suami untuk mengingatkan suami akan tugasnya sehingga menjalankannnya dengan baik.

Sebelumnya Kakanwil Sulsel Liberti Sitinjak dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang di bumi anging mamiri kepada Pengurus PIPAS Pusat.

Dalam menjalankan kepemimpinannya di Kanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak menuturkan bahwa Ia menerapkan Kepemimpinan Kolektif Kolegial.

Dimana setiap Pimpinan Tinggi Pratama dapat menjalankan tugas Pada Divisi yang berbeda.

Berkaitan Dengan program Pembinaan di LPP,  pihaknya telah memberikan kegiatan kemandirian untuk meningkatkan keterampilan Warga Binaan yang bisa dipergunakan saat mereka bebas nantinya.

Sementara itu, Penasehat PIPAS Kanwil Kemenkumham Sulsel, Ny. Dame Yosefina menyampaikan harapannya agar kehadiran pengurus PIPAS Pusat di Kanwil Kemenkumham Sulsel dapat menularkan semangat bagi anggotanya.

"Tentunya kehadiran Pengurus PIPAS Pusat dalam rangka memberikan tali kasih kepada Warga Binaan LPP Sungguminasa dapat meningkatkan kreatifitas mereka dalam membuat berbagai macam kerajinan dari alat yang telah diberikan," terang Ny. Dame.

Ny. Dame menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Penasehat Utama PIPAS dan berharap dapat terus dilibatkan dalam kegiatan - kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus PIPAS Pusat.

Turut hadir dalam Kegiatan ini Para Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Sulsel, Para Kepala UPT Pemasyarakatan, Pengurus PIPAS Pusat dan pengurus PIPAS Kanwil Kemenkumham Sulsel juga perwakilan Anggota PIPAS. 

Kegiatan kunjungan kasih ini berlangsung meriah dengan persembahan tari tradisional daerah Sulawesi Selatan oleh anggota PIPAS Sulsel, paduan suara oleh WBP LPP Sungguminasa dan line dance seluruh anggota PIPAS yang hadir di acara tersebut.

Kepala Lapas IIA Parepare beserta anggota PIPAS Lapas IIA Parepare turut hadir dalam kegiatan kunjungan kasih oleh pengurus PIPAS Pusat dalam rangkaian peringatan HUT PIPAS Ke-20 Tahun 2024.


Editor : Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved