-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Rabu, Desember 13, 2023

Pemkab Pangkep Laksanakan Mappalili Tingkat Kabupaten Di Kecamatan Minasatene

Pemkab Pangkep Laksanakan Mappalili Tingkat Kabupaten Di Kecamatan Minasatene

METRO ONLINE,PANGKEP-Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan kepulauan melalui Dinas Pertanian melaksanakan Mappalili tingkat kabupaten tahun 2023 di halaman kantor Kecamatan Minasatene Jl Cempaka Kel Minasatene pada Selasa 12 Desember 2023.

Mappalili mengusung tema "Pertanian berkemajuan Pangkep sejahtera" dipimpin Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) ikut dihadiri jajaran Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Selatan beserta stakeholder terkait, sejumlah Pimpinan Forkopimda Pangkep, Pimpinan OPD Pangkep, para Camat, Lurah dan Kepala Desa serta Gapoktan se Kab. Pangkep.

Nampak hadir diantaranya Muhammad Sarifuddin mewakili Kepala dinas ketahanan pangan hortikultura dan perkebunan prov Sulsel, Yunarto Kepala Instalasi Pengamatan Organisasi Pengganggu Tanaman Wilayah Maros Pangkep Makassar Jeneponto, Nurul Wahida Rifai Kepala Kejaksaan Negeri Pangkep Bersama Kasat Intel Kejari Pangkep Zul Fikar, Agustina Wangsa Kadis pertanian kab Pangkep, Kapten Inf Muh Nawir Danramil 1421-02/Minasatene, Iptu Hasri Laco Kapolsek Minsatene, Arifin S.Hi Kepala KUA kec Minasatene, Sri Astuti Kepala TU Puskesmas Minasatene mewakili Kapus, Firmansyah Gani SP Kordinator  BPP Kec Minasatene, H. Manrapasi Kordinator penyuluh dan penyuluhan Hama, Pelda Muh Sarif Babinsa Kel Minasatene, Aipda Udhin Syamsuri BhabinKantibmas kel Minasatene masing-masing bersama jajaran dan undangan.

Kadis Pertanian Pangkep, Andi Agustina mengatakan,  komitmen bersama diperlukan menjalankan hasil rekomendasi Mappalili sebagai anjuran agar hal yang tidak diinginkan khususnya hama bisa didteksi dini.

"Bapak Bupati juga memberikan bantuan untuk peningkatan produksi," katanya.

Bupati Pangkep MYL berharap, Mappalili ini menjadi wadah berbagi informasi dari Gapoktan maupun pemangku kebijakan dengan tujuan peningkatan produksi pertanian.

"Bagaimana meningkatkan produksi? Semua berkomitmen hasil Mappalili dilaksanakan," katanya.

Muhammad Syarifuddin perwakilan Distan Sulsel, memberikan apresiasi kepada Bupati atas terselengaranya Mappalili tingkat kabupaten.

"Saya Memberikan apresiasi kepada bupati dan jajaran yang telah melaksanakan Mappalili di tingkat kabupaten ini," ucapnya.

Yunarto Kepala IPOPT Wilayah, Acara Mappalili ini adalah kegiatan khusus yang hanya ada di Sulawesi Selatan tidak dilaksanakan di daerah lain.

"Oleh sebab itu diadakan musyawarah yang di mana keputusan ini harus dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan untuk rekomendasi teknis diharapkan tanam serempak dalam satu hamparan," lanjutnya.

"Sebaiknya tidak ada yang melenceng untuk penanaman sawah padi rendeng untuk mencegah terjadinya banyak masalah berkembangnya berbagai hama penyakit, gunakan pupuk pupuk bibit padi yang berlabel," tambahnya.

Usai diskusi tanya jawab MYL juga memberikan bantuan kepada sepuluh kelompok tani yang tersebar di delapan kecamatan.

Bantuan untuk bidang tanaman Pangan dan Hirtekultura, berupa bantuan power thresher 1.500 GP, 100 GP dan combine Harverster.

Bidang perkebunan berupa bantuan pupuk pembenahan tanah dan bibit kelapa Genjah, bibit jambu mente dan pupuk organik padat.

Bidang peternakan berupa bantuan hibah peralatan pengolahan pakan ternak unggas, hibah ternak sapi dan hibah ternak itik.

Bidang sarana dan prasarana berupa penerima bantuan hand traktor dan pompa air.(Thiar)

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved