-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar

Selasa, Desember 19, 2023

Peduli Kesehatan WBP, Rutan Sinjai Gelar Sosialisasi dan Screening HIV/AIDS

Peduli Kesehatan WBP, Rutan Sinjai Gelar Sosialisasi dan Screening HIV/AIDS

METRO ONLINE SINJAI -- Dalam rangka upaya preventif penanggulangan penyakit menular, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sinjai bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai melaksanakan sosialisasi  dan screening HIV/AIDS, Selasa (19/12)

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh tepat pada pada tanggal 1 Desember dan diperingati oleh seluruh dunia setiap tahunnya. Kegiatan dibuka secara langsung oleh tenaga kesehatan Rutan Sinjai, A. Marlianingsi.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai. Diawali sosialisasi HIV (Human Immunodeficiency Virus), oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Akhirani memberikan penjelasan terkait HIV/AIDS. 

Dalam pemaparannya, WBP diberi pemahaman terkait media penuluran HIV, yakni melalui darah, cairan sperma, cairan vagina dan ASI serta cara penularan melalui hubungan seksual yang tidak aman (heteroseksual, homoseksual), transfusi darah dan jarum suntik.

Setelah dilaksanakan sosialiasi, Kegiatan dilanjutkan dengan screening HIV / AIDS kepada seluruh Warga Binaan Rutan Sinjai. Screening dilakukan oleh pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai dan dibantu dari Petugas Kesehatan Rutan Sinjai.

Kepala Rutan Sinjai, Cahyo Sunarko mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini yakni untuk memastikan kondisi kesehatan WBP dari potensi terjangkitnya virus HIV.  “hal ini merupakan wujud pelayanan prima kami bagi para WBP yang ada disini dimana hak untuk mendapatkan layanan kesehatan yang baik berusaha kami penuhi," ungkap Karutan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Emmy Kartahara Malik mengatakan penyakit HIV ini dapat dikontrol apabila ditangani sejak dini. “penyakit ini seperti penyakit lainnya bukan kutukan atau sebagainya, penyakit ini dicegah dan dapat di kontrol apabila ditangani sejak dini,” ujarnya.


Editor ; Muh Sain

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved