-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Rabu, Desember 06, 2023

Launching Layanan Sipakabaji Rutan Pangkajene Tuai Pujian Dari Pengunjung

Launching Layanan Sipakabaji Rutan Pangkajene Tuai Pujian Dari Pengunjung

METRO ONLINE Pangkep - Terobosan layanan Sipakabaji (Sistem Pelayanan Kunjungan Berbasis Elektronik Antrian Dan Informasi) dihadirkan Rutan Kelas IIB Pangkajene sebagai jawaban dari keluhan masyarakat terkait pelayanan pada ruang pelayanan kunjungan.

Sipakabaji merupakan langkah untuk mengurangi bahkan menyelesaikan berbagai masalah pelayanan publik yang ada di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pangkajene untuk memberikan atau memenuhi berbagai kriteria/ prinsip umum proses pelayanan publik baik dari segi keserderhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggung jawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisiplinan, termasuk kesopanan dan keramahan serta kenyamanan.

Kata Sipakabaji sendiri diambil dari kearifan lokal atau filosofi bugis yang dipandang sangat cocok untuk melengkapi atau memaknai pelayanan prima kepada masyarakat. Kata Sipakabaji berasal dari bahasa Bugis, yang dapat diartikan “saling memperbaiki”. Secara filosofi, Sipakabaji yang memiliki unsur kata baik/kebaikan atau orang melakukan tindakan atau berbuat baik kepada orang lain, dapat dimaknai bagaimana sikap dalam memandang manusia atau memanusiakan orang/manusia, memberikan yang terbaik atau saling bahu membahu atau menopang menuju jalan kebaikan.

Ruang pelayanan Sipakabaji ini diuji coba untuk pertama kalinya untuk mengamati dan melihat respon dari masyarakat terkait sistem pelayanan yang baru ini, Selasa (5/12).

Masyarakat terlihat begitu antusias dan mengaku senang dengan adanya Ruang Pelayanan Sipakabaji ini, yang mana menurutnya, mereka merasa lebih nyaman dan berpandangan bahwa pelayanan yang diberikan menjadi lebih sistematis.

Kepala Rutan Kelas IIB Pangkajene, Hakim Sanjaya, dalam kesempatan ini sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

"Ruang pelayanan ini kami hadirkan agar bapak/ibu semua dapat merasa lebih nyaman terhadap pelayanan yang kami berikan, mohon masukan dan saran apabila masih terdapat kekurangan sehingga dapat kami jadikan sebagai bahan evaluasi ke depannya.", ujar Hakim.

Dengan adanya ruang pelayanan ini, diharapkan dapat memberikan kepuasan terhadap masyarakat terkait layanan kunjungan yang ada pada Rutan Kelas IIB Pangkajene.


Editor : Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved