-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Rabu, Oktober 18, 2023

Cegah Penularan Tuberkulosis di Rutan Pangkajene Dengan Program TOSS TBC

Cegah Penularan Tuberkulosis di Rutan Pangkajene Dengan Program TOSS TBC

METRO ONLINE PANGKEP -- Dalam rangka mendukung program pemerintah yaitu TOSS TBC (Temukan dan Obati Sampai Sembuh TBC), Ditjenpas (Direktorat Jenderal Pemasyarakatan) Kemenkumham RI mengadakan ACF (Active Case Finding) TBC di seluruh Lapas dan Rutan di Indonesia yang bekerja sama dengan Tirta Medical Center. Oleh karena itu, pada hari ini

Rutan Kelas IIB Pangkajene melaksanakan kegiatan ACF tersebut yang meliputi Scree

ning, Xray Thorax dan TCM, Selasa (17/10).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Dirwatkeshab Ditjenpas Kemenkumham RI No. PAS.06-PK.06.07-710 tentang Skrining TBC dengan Intervensi Rontgen Dada yang bertujuan untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan masif pada kelompok komunal yg berisiko tinggi/rentan terhadap penularan/penyebaran di dalam komunitas khususnya Lapas/Rutan.

Pada hari ini dilakukan pemeriksaan terhadap 200 orang tahanan dan narapidana. Kegiatan ini melibatkan para Petugas Rutan Kelas IIB Pangkajene berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep, Puskesmas Bungoro dan Tirta Medical Center (TMC) dalam rangkaian pemeriksaan yang dijalankan. Dalam pelaksanaannya, skrining gejala dilakukan oleh petugas kesehatan Rutan Kelas IIB Pangkajene, skrining CXR dilakukan oleh tim vendor X-Ray Tirta Medical Center (TMC), dan pemeriksaan sputum TCM dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep dan Puskesmas Bungoro. Turut hadir Kepala Bidang Pelayanan Tahanan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan, Surianto untuk memantau kegiatan yang sedang berlangsung di Rutan Kelas IIB Pangkajene tersebut.

Pelaksanaan kegiatan Skrining ACF TBC terhadap warga binaan Rutan Kelas IIB Pangkejene pada hari ini berjalan dengan aman dan tertib. Sementara itu, pemeriksaan terhadap 137 warga binaan lainnya akan dilanjutkan esok hari.


Editor : Muh Sain 

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved