-->
BADAN HUKUM " PT METRO MEDIA INDONESIA >>> AKT NO.13 TGL. 21-08-2018 SK. KEMENKUMHAM RI NO.AHU-0040828.AH.01.01. TGL. 29-08-2018 >>> Alamat Kantor Redaksi Jalan Yusuf Kallah No 31 Makassar



Selasa, September 26, 2023

Tingkatkan Kualitas Layanan dan Pembinaan Keagamaan, Lapas Kelas IIA Parepare Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad

Tingkatkan Kualitas Layanan dan Pembinaan Keagamaan, Lapas Kelas IIA Parepare Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad

METRO ONLINE, PAREPARE - Untuk meningkatkan kualitas layanan dan pembinaan keagamaan bagi warga binaanya, Lapas Kelas IIA Parepare menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid At-Taubah Lapas IIA Parepare. Selasa 26 September 2023.

Adapun tema peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 1445 H / 2023 M adalah Meneladani Akhlak Nabi Muhammad Saw Sebagai Bekal Membangun Pribadi Yang Unggul.

Kegiatan ini diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Warga Binaan bernama Suardi. Serta Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Maulid Nabi Muhammad Saw Kasi Binadik Lapas Kelas IIA Parepare Simung, S.Ag. M.M yang berkenan membuka acara.

Saat membuka acara, terlebih dahulu di berikan sambutan serta berpesan kepada seluruh WBP dan Petugas Lapas Parepare bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kita bisa menerapkan tauladan Rasulullah dalam kegiatan sehari-hari serta mendapat pertolongan di akhirat kelak.

Acara dilanjutkan dengan mendengarkan Hikmah Maulid yg dibawakan oleh Ustadz Asman, S.Ag., M.Pd dari Kantor Kementerian Agama Kota Parepare dengan Tema .eneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW sebagai Bekal Membangun Pribadi yang Unggul.

 Dimana dalam ceramahnya disampaikan dengan mengutip dari sebuah hadits riwayat Tirmidzi sebagaimana dijelaskan oleh Salman Ayashi dalam bukunya yang berjudul Dasyatnya Senyuman.

"Rasulullah SAW bersabda yang artinya senyummu untuk saudaramu adalah sedekah. Usahamu untuk mengajak kepada kebaikan dan melarang keburukan adalah sedekah. Usahamu untuk menuntun seseorang yang tersesat menuju jalan yang lebih baik adalah sedekah. Memberikan yang kita miliki adalah sedekah. Menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah. Pandanganmu yang peduli kepada mereka yang buruk rupa adalah sedekah. Sedekah yang paling tinggi nilainya adalah nafkah yang diberikan suami kepada istrinya." (HR. Tirmidzi)", Ujarnya.

Diakhir ceramahnya Ustadz Asman, S.Ag., M.Pd  menyampaikan bahwa Rasulullah Muhammad SAW adalah Teladan Terbaik Sepanjang Zaman (Kajian Dari Sudut Pandang Tauhid) Artinya: Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. 

Pola hidup sederhana Nabi Muhammad SAW merupakan contoh yang baik bagi seluruh umat manusia. Dia mengajarkan kesetaraan, kemanusiaan dan hak-hak perempuan. Beliau adalah teladan yang menunjukkan kepada pengikutnya nilai kerendahan hati dalam kehidupan bermasyarakat dan kesederhanaan dalam kehidupan berkeluarga.

Acara ditutup dengan persembahan Sholawat Nabi oleh santri WBP Lapas Kelas IIA Parepare hasil binaan dan bimbingan tim penyuluh agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Parepare tindak lanjut dari penandatanganan Perjanjian Kerja Sama.

Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Lapas IIA Parepare terus bertekad meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan pembinaan kepada warga binaan pemasyarakatan. 

"Kami bangga dan bahagia bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga binaan pemasyarakatan dan masyarakat", Terang Kalapas.

Berita Terkait

Berita Lainnya

© Copyright 2019 METRO ONLINE | All Right Reserved